Thursday, January 03, 2013

Kemewahan di Hotel Best Western Premier Solo (****)













Ketika musim liburan Natal yang lalu saya berkesempatan untuk menginap semalam di kota Solo. Dimana-mana hotel sudah full book. Beruntunglah kami yang seudah mereserved sebelumnya di hotel Best Western Premier. Hotel ini terletak dipusat kota solo tepatnya di Jl. Slamet Riyadi no 4-6, lokasinya dekat dengan pertokoan PGS (Pusat Grosir Solo).

Sebenarnya bentuk bangunan hotel ini biasa saja karena merupakan bekas gedung perkantoran. Tapi kemudian direnovasi menjadi sebuah hotel mewah bintang 4, dengan interior yang indah dengan mengedepankan ciri khas kota Solo. Bentuk dasar bangunan tetap sama tapi diluarnya dihiasi dengan ukiran besi tempa khas motif batik.

Memasuki lobi hotel membuat saya terpana akan keindahannya. Ketika kita masuk melalui pintu depan, kita akan berhadapan langsung dengan sebuah meja kayu bulat yang besar. Karena kami datang pas tanggal 24 Desember, maka meja tsb dihiasi dengan sebuah pohon natal yang terbuat dari majalah anak-anak yaitu Bobo, dll. Ya jelas saja banyak anak-anak tertarik dan mengerubungi tempat ini, walaupun majalahnya tidak bisa dibaca.

Lobi hotel terlihat luas dan memanjang kedalam, sehingga jarak antara pintu masuk dengan reseption hotel cukup jauh. Lantai lobi dihiasi karpet bermotif, serta dikiri kanan ruangan terdapat sofa kulit berwarna hitam yang diselang selingi dengan patung lampu, lemari kaca berisi wayang dan partisi berukir. Meja reseption terlihat istimewa yaitu diatas meja kita akan disambut oleh 4 patung punakawan, lalu dinding belakangnya berupa kayu jati berukir, serta kap lampu diatasnya berhiaskan motif batik.

Saya mendapat kamar dilantai 3 dengan rate Rp 725.000. Disepanjang jalan selasar dari lobi menuju lift, dihiasi dengan sebuah becak batik, 1 set gamelan dan beberapa sofa. Lalu dilantai 3, berjalan diruang selasar menuju kamar, dindingnya banyak dihiasi dengan motif batik berbingkai serta ada sebuah cermin perak besar dengan pigura berukir. Ternyata kamar-kamar hotel tsb berjajar membentuk ruang persegi empat dimana ditengahnya terdapat ruang untuk duduk-duduk santai yang dihiasi dengan pohon rindang imitasi, dengan penerangan yang temaram.

Interior kamar kami cukup nyaman, dan semua fasilitas lengkap. Kekurangannya adalah kamarnya sempit banget, akibat dari penempatan furniture yang terlalu padat. Untung masih terdapat celah untuk melakukan sholat. Sedangkan kelebihanya terdapat setrika baju dan mejanya, serta kamar mandinya terdapat bathub dan hairdryer. Kamar kami persis diatas lobi hotel, sehingga jendela kamar kami menghadap langsung ke lampu besar yang terang benderang, yang terletak diatas ruang lobi. Walaupun begitu kami tidur dengan nyenyak akibat kelelahan.

Esok harinya kami bangun dengan badan segar dan perut keroncongan, siap breakfast diruang makan samping lobi hotel. Nah interior diruang makan ini lebih cantik lagi. Dindingnya banyak dihiasi dengan partisi-partisi yang indah, yaitu partisi berhiaskan piring putih bergambar wayang, partisi dengan ukiran wayang berwarna emas, serta partisi berukir motif batik bunga. Diatas meja buffet juga banyak dihiasi dengan pernak pernik khas Jawa.

Menu breakfast lengkap seperti biasa perpaduan Indonesian dan western food, serta tak lupa menu wajib hotel di Jawa yaitu gudeg komplit yang disajikan diwadah-wadah tembikar. Makanannya lezat, roti dan passtiserinya hangat dan beragam, jusnya ada 3 macam, tersedia juga susu sapi, kedelai dan yogurt. Sayuran dan buahnya segar dan komplit, serta ada salad dan asinan buah.

Siang ini kami harus check out dan kembali ke Jakarta. Ketika kami kembali kekamar untuk membereskan barang-barang kami, kami baru sadar bahwa dilantai 3 ini terdapat juga kolam renang, ruang fitnes serta spa. Wah andai kata kami tidak terburu-buru, pasti kami bersantai dulu disini, serta lebih menikmati kemewahan dan kecantikan Best Western Premier Hotel.
Jalan Slamet Riyadi No 4 – 6, Solo 57111
Phone: +62 271 666 111

No comments: