Thursday, January 03, 2013

Suasana adem ayem LPP CONVENTION HOTEL DEMANGAN (***)






 
 
 
 
 
 
Kalau terjadi long weekend, kota Jogja penuh banget. Jalanan macet, tempat belanja hiruk pikuk, tempat makan antri, tapi yang pasti tiket kendaraan dan hotel juga full book. Contohnya seperti pada liburan Natal yang baru lalu, kami telat mereserved kamar hotel, alhasil dimana-mana sudah tidak kebagian tempat. Untunglah suami saya masih punya persediaan tempat yaitu di LPP Convention Hotel yang terletak di Jl. Demangan Baru No. 8 Yogyakarta.

Buat yang baru denger atau baru tau, LPP ini singkatan dari Lembaga Pendidikan Perkebunan. Sejarahnya adalah BUMN PT Perkebunan Nusantara punya lembaga pendidikan bernama LPP, dimana salah satu bagiannya adalah mess tempat menginap bagi para peserta pendidikan. Seiring dengan berjalannya waktu diusulkanlah mess tsb menjadi sebuah hotel yang terbuka untuk umum, dengan prioritas para peserta pendidikan di LPP. Suami saya sebagai karyawan PTPN memiliki sedikit kelebihan yaitu prioritas menginap dan berhak atas discount harga karyawan, lumayan.

Ternyata saat itu hotel LPP ini juga penuh, tinggal menyisakan sebuah kamar yaitu Junior suite room dengan rate normal Rp 1.000.000 dan setelah discount harganya menjadi Rp 950.000. Wah mahalnya dan cuma sedikit yah discountnya, padahal LPP ini hanya bintang 3 loh.

Suami saya sudah sering menginap disini, tapi saya baru sekali ini. Ternyata hotelnya lumayan bagus. Bentuk bangunannya ya mirip mess, yaitu bangunan 2 tingkat yang berisi kamar-kamar yang berjajar membentuk persegi empat dan ditengah-tengahnya adalah sebuah taman yang rapih, indah dan asri dengan beberapa pohon rindang, serta tempat duduk untuk bersantai. Didepan taman ada sebuah kolam dengan hiasan air mancur, yang berbatasan dengan ruang makan. Suasana yang tercipta menjadi adem ayem, cocok untuk beristirahat para peserta pendidikan yang kelelahan.

Kelebihan junior suite room adalah ukuran kamar yang lumayan luas. Interiornya simple, furniturenya tidak mewah tapi bagus, rapih, bersih dan harum karena ada pewangi ruangan yang disemprot secara otomatis. Fasilitas wifi pun tersedia secara gratis. Sayangnya semua kamar tidak memiliki jendela. Apakah ini disengaja agar para peserta pendidikan lebih berkonsentrasi dan tidak terganggu oleh suara-suara dari luar ? Saya pun tidak tau. Tapi buat saya pribadi, saya lebih menyukai kamar yang memiliki jendela, agar gampang memantau keadaan diluar. Tapi yang pasti, kami tidur dengan nyenyak malam ini.

Esok paginya kami bangun agak kesiangan akibat kelelahan, otomatis telat juga sarapannya. Kami menuju ruangan makan yang ukurannya cukup luas dan dinding belakangnya dihiasi mozaik dari keramik yang menggambarkan suasana perkebunan. Gambarnya indahnya dan dibuat dengan kesabaran serta ketelitian tingkat tinggi karena harus menyusun potongan keramik dibidang yang besar dan luas. Ditengah ruangan tersedia meja untuk hidangan buffet. Hidangan yang tersedia standard saja dan rasanya pun standard, tersedia juga menu gudeg komplit sebagai ciri khas hotel di Jogja.

Usul saya nih, karyawan dibagian makanan ini harus diberi pelatihan lebih, agar makanan yang tersedia walaupun standard dan sederhana harus tetap terasa lezat. Lalu kebersihan harus lebih terjaga, karena saya melihat beberapa lalat yang hinggap diatas buah dan puding. Sajian yang sudah habis mohon diisi ulang kembali. Toples krupuk sudah kosong serta sup sudah dingin. Ketika saya hampir selesai makan, ada sepasang bule yang telat bangun juga. Saya lihat dia kebingungan hendak makan sarapan apa, sambil bergumam-gumam tidak jelas.

Buat manajemen hotel LPP, mohon kiranya memperbaiki kualitas pelayanan dan kualitas makanan pada khususnya, karena sungguh sayang untuk menyia-nyiakan asset PTPN yang sudah begitu besar dan berkembang pesat. Siapa tau dengan adanya peningkatan kualitas bisa mendongkrak grade menjadi bintang 4 atau lebih.

LPP Convention Hotel Yogyakarta
Jl. Demangan Baru No. 8, Yogyakarta
Telephone : +62274 588380

No comments: