Sunday, February 19, 2012

Seafood khas Makasar di Phinisi resto (***)














Tempat makan ini sepi pengunjung. Bangunan dari depan tampak kurang terurus, perlu renovasi dan penyegaran. Tapi dari semua teman kantor saya yang sudah makan disini, pasti balik lagi dan merekomendasikan ke teman lainnya. Makanannya enak dan harganya terjangkau, begitu bunyi promosinya.

Akhirnya pada suatu hari Jumat pas jam makan siang, kami berempat berangkat dari kantor menuju tempat ini. Nama resto ini adalah Phinisi resto khas Makasar, jl Gunawarman no 75, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sesampainya disini, sepertinya kami adalah pengunjung yang pertama.

Menu yang tersedia disini adalah aneka ikan seperti baronang, bandeng, kerapu, kuwe dan gurame. Menu seafood lainnya adalah cumi, udang, kerang dan kepiting. Menu selain seafood ada ayam, sop & coto dan sate. Sedangkan menu pelengkapnya ada aneka sayur, bakwan jagung, tahu tempe dan lumpia. Minuman & dessert khas disini adalah terong belanda, es palu butung, es cingcau, es campur, aneka jus, dll.

Pilihan kami siang ini adalah ikan kuwe bakar, cumi goreng tepung, kerang putih saus tiram, kangkung balacan dan bakwan jagung. Sayang sekali kepiting soka kesukaan saya sedang habis.

Sambil menunggu pesanan, saya mengamati tempat ini. Ruangan resto terlihat sederhana dengan meja kursi kayu. Sebuah TV tampak tergantung didinding. Didekat dinding belakang terdapat sebuah keyboard dan microfonenya. Tak berapa lama seorang pelayan datang untuk membagikan peralatan makan dan seporsi sambal untuk setiap orangnya. Sambal terdiri dari 3 jenis sambal yaitu sambal mangga, terasi dan dabu dabu. Makanan pesanan kami belum tiba, eh sambal mangganya sudah habis, jadi kami memesan seporsi sambal mangga lagi. Untunglah pesanan kami segera tiba, kalau tidak, wah bakalan pesen seporsi lagi nih.

Ikan kuwe bakar datang dengan penampilan polos dan berbumbu minimalis, disajikan bersama sepiring sambal rica rica yang dicampur dabu dabu. Walau begitu daging ikan terasa gurih akibat bumbunya yang sudah meresap. Kemudian cumi goreng tepungnya terasa gurih dan garing. Kerang putih saus tiram dimasak bersama bawang bombay dan parika hijau, bumbunya terasa tajam dan gurih, sehingga saya semakin semangat makannya. Yang terakhir kangkung balacan dan bakwan jagung juga top. Kangkungnya renyah dan segar, bumbunya legit dan pedas. Sedangkan bakwan, jagungnya banyak dan bertimbulan diluar, bakwan terasa garing diluar dan empuk didalam, bakwan terasa gurih diselingi rasa manis dari jagungnya. Sensasi makan seafood bersama sambal nan pedas ini membuat tubuh kami panas dan berkeringat serta lupa bicara. Semua asyik menyantap hidangan dimeja. Pantas semua teman kami sebelumnya selalu balik lagi kesini, sajian disini memang enak sih.

Selesai makan, kami semua berseru Alhamdulillah, tapi nanti bakal ngantuk di kantor nih, he he he. Kemudian kami minta bill nya, tapi tak disangka malah diberi compliment berupa masing masing sepiring es palu butung, yaitu es campur yang berisi beberapa potong pisang raja kukus, lalu diberi bubur sumsum dan es serut yang disiram sirop merah. Tubuh terasa mak nyes setelah makan dessert ini, adem banget.

Terakhir mengenai harganya, ikan kuwe dihargai Rp 49.500 untuk ukuran 4,5 ons, cuminya Rp 35.000, kerang Rp 17.500, kangkung dan bakwan @Rp 18.000 serta sambal mangga Rp 3.000. Nah siapa yang mau datang kesini, boleh telpon dulu di 021 720 5486. Yakin deh kalian pasti balik lagi kesini, apalagi kalau kantornya deket seperti saya.

No comments: