Friday, February 24, 2012

Menu menu favorit di Palembang food (**)



Sebenarnya rumah makan ini sudah berdiri cukup lama yaitu lebih dari 10 tahun. Tapi dulu tempatnya kecil, sempit dan terbuka. Tapi karena sajian disini enak & jarang tersedia ditempat lain, maka RM ini selalu dipenuhi pengunjung. Sekarang RM ini memiliki tempat yang rapih, lebih luas dan ber AC. Bangunan tampak depan berupa dinding kaca yang gelap, sehingga dari luar sama sekali tidak bisa melihat kedalam. Padahal ketika kita masuk kedalam eh kecele deh, rupanya sebagian besar meja sudah dipenuhi pengunjung.
RM ini berada di jl Suryo no 50, kebayoran baru, Jakarta Selatan, persis didepan lapangan Blok S. Kebetulan lokasinya dekat dengan kantor saya, sehingga bila jam istirahat tiba, kami sering makan siang disini. Nama RM ini adalah Palembang food.
Apa kenyang makan siang dengan menu pempek ? Itu pasti pertanyaan kalian. Jangan salah, menu disini tidak hanya pempek. Masih banyak menu lain yang tak kalah enaknya. Disini tersedia menu pindang ikan patin dan pindang tulang iga. Selain dimasak pindang, bisa juga dibakar. Dan favorit saya adalah patin bakar. Apa sih keistimewaannya ? Ini menu top banget deh, yaitu ikan patin bagian perut yang ukurannya besar dan berlemak. Dibakar dengan bumbu kecap sehingga warnanya agak kehitaman, kulitnya garing tapi tidak gosong sedangkan dagingnya putih dan lembut. Disajikan bersama kecap, potongan tomat dan cabe rawit, sambal, timun & daun kemangi. Keistimewaannya adalah patin tidak berbau sama sekali malahan rasanya gurih karena bumbu telah meresap kedalam daging. Dasyatnya lagi sambalnya itu loh pedas sekali, tingkat tinggi lah.
Lalu ada menu nasi / mie / bihun / kwetiau goreng seafood. Porsinya ampun ampunan deh, banyak banget. Temenku pernah pesen bihun dan nasgor, sampe engap makannya. Campuran seafoodnya juga murah hati, cumi dan udangnya banyak, pokoknya enak deh, mantap.
Menu lainnya adalah mie celor / rujak tahu, tek wan, celimpungan / laksan, martabak kari dan nasi samin ayam bakar. Sedangkan pempek banyak juga jenisnya yaitu kapal selam, lenjer, adaan, leggang, papaya / kriting, tahu / model ikan.
Kalau pempek ngga usah diceritakan panjang lebar, cukup 1 kata yaitu enak karena terasa ikannya dan kuah cukonya itu loh, pedas menggigit. Biasanya kami memesan kapal selam, lenjer dan adaan. Selain itu belum pernah coba yang lain.
Oh ya salah satu favorit kami disini adalah tek wan, menu ini sering kami pesan karena rasanya seger banget. Tek wan adalah kuah kaldu udang yang bening, berisi bola bola ikan, soun, jamur kuping, potongan bengkuang yang diiris seperti korek api, sedap malam lalu ditaburi daun bawang dan bawang goreng. Habis makan sajian ini badan terasa hangat dan segar.
Kemudian saya pernah pesan martabak kari yaitu martabak telor bebek tapi isinya bukan daging melainkan kentang, disajikan bersama kuah kari yang berisi potongan daging dan kentang. Kulit martabaknya terasa gurih dan garing, dimakan bersama kuah kari yang kental dan lekker, sungguh perpaduan yang pas.
Kalau makan disini wajib makan appertizer otak otak sambil menunggu pesanan datang. Otak otak rasanya enak, empuk, masih hangat, ikannya terasa, ukurannya juga cukup besar dan sambal kacangnya itu loh pas banget rasa asin manis asemnya. Disetiap meja tersedia semangkok sambal yang rasanya pedas sekali sebagai pelengkap semua sajian. Selain sambal, makan akan terasa lebih nikmat bila dilengkapi dengan krupuk. Beraneka ragam bentuk dan ukuran krupuk ikan tersedia di lemari kaca tempat kasir berada. Cocok sebagai camilan atau pelengkap makan siang anda.
Harga di RM ini relative terjangkau. Misalnya harga pempek lenjer Rp 9.500 dan adaan Rp 7.500, otak otak @ Rp 5.000, tek wan Rp 14.500, martabak Rp 15.000 serta patin bakar Rp 23.000. Nah yang mau berkunjung kemari bisa telpon dulu di 0816 823 840. Dibagian bawah kertas bon ada juga tulisan “terima pesanan pempek buat pesta, dll, kue lapis legit & kue lapis masuba khas Palembang. Nah siapa yang berminat ?

10 comments:

Unknown said...

udah pindah, gak tau kemana...?

Unknown said...

Ada yg tau pindah kemana gak? Best Palembang restaurant so far and the foods are flawless :)

Andri Prasetyo said...

Penasaran nih resto pindah kemana yah..? Suka banget mkn disini. Tiba2 ilang tutup gitu aja..

Andri Prasetyo said...

Penasaran nih resto pindah kemana yah..? Suka banget mkn disini. Tiba2 ilang tutup gitu aja..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Skrg restonya nerima pesanan online gan. Cek aja instagramnya @palembangfood988

Unknown said...

Skrg jualan online sist. Cek instagramnya aja @palembangfood988

Unknown said...

Skrg psanan online. Bisa lewat gojek juga. Cek istagramnya @palembangfood988

Unknown said...

Skrg jualan online sist. Cek instagramnya aja @palembangfood988

Unknown said...

Skrg restonya nerima pesanan online gan. Cek aja instagramnya @palembangfood988