Monday, January 23, 2012

Menikmati nasi ayam kremes meni “Sedep Raos” pisan (**)






Bulan Januari ini, hujan turun tak henti-henti, tapi tak menyurutkan langkah kami berlima untuk pergi berbelanja sekalian arisan bulanan. Kali ini tujuan belanja kami adalah ke PGC alias Pusat Grosir Cililitan. Tak disangka, hari Minggu sore ini ternyata PGC dipenuhi pengunjung yang berdesak desakan. Setelah puas bekeliling mencari barang barang kebutuhan, tubuh terasa letih dan lapar. Tetapi tempat makan di PGC hanya sedikit pilihannya serta dipenuhi antrian pengunjung. Akhirnya kami putuskan untuk makan di jalan menuju arah pulang ke rumah kami didaerah Cilandak.
Seorang teman saya teringat, ada sebuah rumah makan kecil dimana masakannya lumayan enak, pilihannya banyak dan harganya terjangkau. Terbukti dia sering membungkus makanan dari sana untuk dibawa pulang. Hmm boleh juga tuh kami coba. Jadilah kami menuju kedai “Sedep Raos” di jl. Cipete Raya no 6, Cilandak.
Rekomendasi teman ku ini sungguh tak mengecewakan. Begitu banyak jenis menu pilihan disini yaitu dari masakan (muslim) Chinese food yang terdiri dari 85 jenis menu, lalu ada aneka gudeg komplit termasuk ceker opor dan paket kendil, aneka bakmi jawa dan nasgor, serta masakan andalan “SR” yaitu ayam kremes, bakar dan peyet serta rawon, soto kwali, nasi langgi & nasi liwet. Apabila hanya ingin makan kudapan, disini tersedia serabi solo 20 rasa dan batagor, serta aneka cemilan pelengkap makan seperti rempeyek, krupuk dan emping. Bahkan menu minumannya pun ada 20 macam.
Atas rekomendasi temenku itu, kami sepakat memesan nasi ayam kremes dan gudeg komplit. Penampakan ayam gorengnya sungguh menggoda hati yaitu sepotong ayam goreng yang diselimuti tepung kremes yang bergumpal dan menempel didaging. Ketika ayam hendak disuir, tangan kami tak kuasa memegangnya saking panasnya. Ayam disajikan bersama nasi putih, lalapan serta semangkok sambal. Sambal terdiri dari 2 jenis yaitu sambal matang dan mentah yang ditaro bersisian. Ayam terasa empuk dan gurih dengan bumbunya yang meresap kedalam daging. Begitu pula dengan bumbu kremesnya terasa gurih dan garing. Ketika dicocol bersama sambal, wuah, sambal mentahnya terasa pedas menggigit. Ini pasti sambal cabe rawit. Hati-hati, sambal ini hanya cocok untuk penggemar sambal kelas tinggi karena kedasyatannya. Temanku yang orang Padang saja setelah menghabiskan setengah porsi sambal dia mulai menyerah dan menyingkirkan sambalnya. Saya pun terpaksa meminta kecap manis untuk mengurasi rasa pedas dari sambalnya.
Untungnya kami memesan 1 porsi gudeg komplit sebagai penawar rasa pedas. Gudeg komplit terdiri dari gudeg, krecek, sepotong tahu & tempe bacem, sepotong paha ayam, sebutir telur serta opor ceker. Gudegnya berwarna merah kehitaman diberi daun singkong dan santan kental atau areh. Gudegnya kering, rasanya enak & manisnya tak berlebihan, cocok bagi lidah saya. Selain itu kreceknya besar-besar dengan kuah merah berminyak dengan beberapa cabe rawit yang mengambang. Tahu tempe serta ayamnya nya juga berukuran besar, dibacem dengan rasa manis yang pas. Yang agak jarang ditemui adalah opor ceker, yaitu 3 potong kaki ayam yang berukuran besar dan empuk, kuahnya pun banyak. Hmm pokoknya enak deh.
Harga disini lumayan terjangkau yaitu nasi ayam kremes nya Rp 19.500 dan gudeg komplitnya Rp 29.500. Enaknya lagi disini menerima pesanan catering & nasi box serta delivery oder bila dirumah tidak sempat masak, dengan minimal pemesanan Rp 100.000. Nah tunggu apalagi, yang mau DO bisa telpon ke 021 7581 8530. Oh ya ketika saya baca bill nya, rupanyanya Sedep Raos disini adalah cabang Jogja loh yaitu di jl. Seturan Raya no 15. Pantesan enak ya.

No comments: