Tuesday, August 06, 2019

Pengajian Al Ikhlas, Selasa, 6 Agustus 2019, Ustadzah IMAS, KEUTAMAAN ISTIGHFAR


Sifat manusia adalah tempatnya salah dan dosa, maka seorang manusia harus hijrah dengan melakukan taubat nasuha.

Keutamaan istigfar :

1.   Mendatangkan maghfirah / ampunan Allah
·         Surat Ali Imran Ayat :
133 : Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,
134 : (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.
135 : dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.
·         Maksudnya : Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Allah bila kita melakukan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri = berbuat dosa, tidak ada waktu jeda untuk minta ampun.
·         Manusia yang paling benar adalah manusia yang menyadari kesalahannya dan berusaha memperbaiki diri dengan cara taubatan nasuha, maka Allah akan langsung mengampuni dosa kita seperti ketika kita baru dilahirkan.
·          Surat Nuh 71 Ayat 10 : maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun,
·         Ada dosa yang tidak diampuni Allah yaitu dosa syirik

2.   Diberi kekuatan yang melebihi dari kekuatan kita

·         Surat 11 Hud Ayat 52 : Dan (Hud berkata), "Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa."
·         Musibah terjadi atas :
-      Kehendak Allah, kita ucapkan innalillahi wainnailaihi rajiun
-      Akibat kesalahan kita sendiri

3.   Diberikan kenikmatan secara terus menerus
·         Surat 11 Hud Ayat 3 : Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada Tuhanmu serta bertobat kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan. Dan Dia akan memberikan karunia-Nya kepada setiap orang yang berbuat baik. Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (kiamat).
·         Surat 25 Al Furqan Ayat 1 : Mahatinggi Allah yang telah menurunkan Furqan (Al Quran) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia),
·         Surat 10 Yunus Ayat :
-      62 : Ingatlah, wali-wali Allah itu, tidak ada rasa takut pada mereka, dan mereka tidak bersedih hati.
-      63 : (Yaitu) orang-orang yang beriman dan senantiasa bertakwa.
·         Maksudnya : 5 hal yang harus dilakukan terhadap Al Quran : dibaca, dikaji, dihayati, diamalkan, disyiarkan, maka Al Quran akan berlaku sebagai :
-      Al Furqon
-      Asy Syifa = obat
-      Manusia sebagai wali Allah, tidak merasa takut dan sedih, bila dia adalah orang yang beriman dan bertaqwa

4.   Akan memperbanyak harta dan anak-anak
·         Surat 71 Nuh Ayat :
-      10 : maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun,
-      11 : niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu,
-      12 : dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”

5.   Mendatangkan berkah / barokah
·         Berkah adalah sarana atau alat yang diberikan Allah untuk membuat kita lebih taat kepada Allah, dengan cara : bersyukur, menjaga ketaatan, menghindari maksiat.
·         Surat 7 Al A’raf Ayat 96 : Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

6.   Diberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya
·         Surat 65 At Talaq Ayat 3 : Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

7.   Turunnya rahmat dari langit dan bumi
·         Surat 27 An Naml Ayat 46 : Dia (Saleh) berkata, "Wahai kaumku! Mengapa kamu meminta disegerakan keburukan sebelum (kamu meminta) kebaikan? Mengapa kamu tidak memohon ampunan kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat ?"

8.   Menghindarkan kita dari azab Allah
·         Surat 8 Al Anfal Ayat 33 : Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.

No comments: