Tuesday, September 25, 2018

Menuju Islam yang Kaffah oleh ustad Aminuddin


Menuju Islam yang Kaffah oleh ustad Aminuddin, pengajian Nurul Hikmah, tg 25-9-18

Apakah Islam itu ? Yaitu Dinul Islam = Agama Islam.
Orang yang beragama Islam disebut muslim.
Kebalikannya adalah Kafir / Musrik :
-          Kafir : orang yang tidak percaya kepada Allah dan rasul-Nya (tidak beriman)
-         Musrik : orang yang percaya kepada Allah dan rasul-Nya tapi keimanannya tipis.

Dalil yang menyatakan bahwa hanya Islam agama yang diterima di sisi Allah : Surat 3 Ali Imran Ayat :
-          19 : Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.
-          83 : Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang di langit dan di bumi berserah diri kepada-Nya (baik) dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan ?

Orang Islam memiliki hak & kewajiban setelah baligh.
Hak seorang muslim :
-          Bila meninggal, berhak dimandikan, dikafani, disholatkan, dikuburkan
-          Bila meninggal, berhak didoakan


Sedangkan orang Kafir tidak memiliki hak :
-          Bila meninggal, tidak berhak dimandikan, dikafani, disholatkan, dikuburkan
-          Bila meninggal, tidak berhak didoakan
-          Jangan dijadikan pendamping hidup
-          Jangan dijadikan wali
-          Tidak berhak mendapat bagian waris
-          Jangan dijadikan pemimpin
-          Jangan dijadikan teman dekat
-          Jangan dijadikan penolong

Surat 9 At Taubah Ayat :
80 : (Sama saja) engkau (Muhammad) memohonkan ampunan bagi mereka atau tidak memohonkan ampunan bagi mereka. Walaupun engkau memohonkan ampunan bagi mereka tujuh puluh kali, Allah tidak akan memberi ampunan kepada mereka. Yang demikian itu karena mereka ingkar (kafir) kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.
84 : Dan janganlah engkau (Muhammad) melaksanakan salat untuk seorang yang mati di antara mereka (orang-orang munafik), selama-lamanya dan janganlah engkau berdiri (mendoakan) di atas kuburnya. Sesungguhnya mereka ingkar kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik.
113 : Tidak pantas bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memohonkan ampunan (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, sekalipun orang-orang itu kaum kerabat(nya), setelah jelas bagi mereka, bahwa orang-orang musyrik itu penghuni neraka jahanam.
114 : Adapun permohonan ampunan Ibrahim (kepada Allah) untuk bapaknya, tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya. Maka ketika jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diri darinya. Sungguh, Ibrahim itu seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun.
Artinya : Nabi Ibrahim berdoa memohon ampun untuk Bapaknya yang musyrik hanya karena semata-mata telah berjanji/ikrar kepada Bapaknya, dan Allah tetap tidak mengabulkan doanya.

Islam yang Kaffah = secara menyeluruh : Surat 2 Al Baqarah Ayat 208 :
Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan (kaffah), dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Ajaran Islam terbagi menjadi 4 bagian mengenai :
1. Akidah
2. Ibadah
3. Syariat / hukum : hablum minallah & hablum minannas
4. Ahlak
Ajaran tsb harus dilaksanakan secara kaffah, sesuai dengan Al Quran dan Hadist.

Ajaran Islam tsb ada dalam surat 2 Al Baqarah Ayat 177 :
Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta; dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janjinya apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan, dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

Artinya : Orang yang benar & bertaqwa adalah
-          Menjalankan Rukun Iman ada 5 dari Al Quran : “orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi” + Rukun Iman ke 6 dari hadist : iman kepada qada dan qadar.
-          Infaq Sodaqoh : “Memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta; dan untuk memerdekakan hamba sahaya”
-          Orang yang melaksanakan shalat
-          Orang yang menunaikan zakat
-          Orang-orang yang menepati janjinya apabila berjanji
-          Orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan, dan pada masa peperangan.

Ibadur-Rahman adalah orang yang hidup semata-mata untuk Allah, menjalankan : inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi rabbil alamin : Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah.

Ajaran Islam mengenai ahlak ada dalam surat 25 Al Furqan Ayat 63-67 :
63. Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan, “Salam,”
64. dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.
65. Dan orang-orang yang berkata, "Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab Jahanam dari kami, karena sesungguhnya azabnya itu membuat kebinasaan yang kekal,”
67. Dan (termasuk hamba-hamba Allah Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar,

Artinya : Hamba Tuhan Yang Maha Pengasih adalah orang yang :
1.   Rendah hati
2.   Bila di dzolimi, mereka tidak membalas, bahkan mendoakan.
-          Doa bila di dzolimi : Surat 2 Al Baqarah Ayat 250 :
Dan ketika mereka maju melawan Jalut dan tentaranya, mereka berdoa, "Ya Tuhan Kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kokohkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."
-          Bila di dzolimi boleh membalas : Surat 16 An Nahl Ayat 126 :
Dan jika kamu membalas, maka balaslah dengan (balasan) yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang yang sabar.
3.   Sholat malam, tahajud dll
4.   Berdoa agar dijauhkan dari azab neraka jahanam
5.   Infaq Sodakoh (jumlahnya sebesar 50%)

-          Mukhlis adalah orang yang ikhlas
-         Muflis adalah orang yang bangkrut di akherat yaitu orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala kebaikan tapi juga datang dengan membawa dosa kedzaliman, sehingga sebagai tebusan atas kedzalimannya tersebut, diberikanlah pahala kebaikannya kepada orang-orang tsb, sehingga apabila pahala kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didzaliminya sementara belum semua kedzalimannya tertebus, maka diambillah kejelekan / kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya tsb lalu ditimpakan kepadanya, kemudian dia dilemparkan ke dalam neraka.
-          Oleh karena itu, tingkatkan iman & amal sholeh dan perbanyak istiqfar.

No comments: