Saturday, August 25, 2018

Sorak sorak bergembira ketemu Tom Sushi halal MUI, harga ekonomis, rasa juara (***)


Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa seafood, daging, ayam, sayuran, baik mentah maupun masak. Semenjak berkenalan dengan makanan ini saya langsung jatuh cinta, karena cara makannya praktis, sudah mengandung nasi dan lauk, rasanya enak dan gurih serta mengenyangkan. Tinggal dicocol shoyu atau kecap asin plus taburan cabe kering bubuk, rasanya nikmat banget.


Tapi yang menjadi masalah adalah lazimnya sushi mengandung campuran mirin yaitu bumbu dapur berupa minuman beralkohol berwarna kuning, berasa manis, mengandung gula dan alkohol. Informasi ini hampir tidak pernah sampai kepada customer, padahal sudah jelas customernya muslim. Bila saya bertanya, apakah makanannya halal, jawabannya halal karena tidak mengandung babi. Baik customer maupun pelayan restoran, kebanyakan tidak paham bahwa mirin tsb haram.


Makanya ketika saya bertemu dengan Tom Sushi di MOI 1st fl. Kelapa gading, saya sorak-sorak bergembira karena melihat logo halal MUI tercantum didepan resto. Kami pun langsung masuk dan mendaftar terlebih dahulu karena pengunjung resto ini sudah penuh.



Resto ini memiliki interior yang didominasi dengan furniture kayu warna natural dengan hiasan khas motif kertas origami yang cantik. Ruang makannya memiliki conveyor belt atau ban berjalan pembawa sushi yang mengelilingi area bersantap.





Kebetulan kami mendapat tempat duduk diarea yang tidak dilalui conveyor belt jadi makanan bisa dipesan dan dipilih dari daftar menu. Daftar menu terdiri dari sashimi, donburi, gunkan, nigiri, makimono dan pelengkap lainnya. Semua menu tsb memiliki 3 macam harga yaitu piring kuning Rp 10.000, merah Rp 15.000 dan biru Rp 20.000. Dengan harga semurah itu memang porsinya tidak begitu besar, hanya berisi 2 – 3 potong sushi, tapi malah mengasyikkan karena bisa-bisa kita lapar mata, ingin icip-icip semua jenis sushi yang ada.





Sushi pilihan kami adalah ebi mentai sushi, ebi tempura sushi, volcano, tempura tobiko maki, spicy tori mayo roll dan shiromi chips roll. Selain sushi kami juga memesan appetizer chuka wakame, edamame, jagung dan miso soup. Akibat ditawarin menu baru donburi fiesta, akhirnya kami juga memesan crispy salmon mentai don.


-          Ebi mentai sushi adalah sushi bentuk lonjong dengan topping udang dan saus mentai, lalu dibakar dengan blowtorch dan diberi taburan bubuk nori. Rasa udang menjadi lezat berkat saus mentai yang gurih dan smoky.



-          Ebi tempura sushi adalah sushi bentuk lonjong dengan topping tempura udang, diikat dengan nori dan saus mayonnaise.



-          Volcano adalah sushi roll yang berisi telur dan crab stick, dibungkus lembaran nori, diberi topping mayonnaise rasa pedas yang berlimpah dan taburan bubuk nori. Bentuknya paling sederhana tapi paling lezat.



-          Tempura tobiko maki adalah sushi roll dengan isi tempura udang dan taburan tobiko disekeliling sushi.



-          Spicy tori mayo roll adalah sushi roll yang berisi ayam dengan topping mayonnaise dan taburan cabe kering bubuk.



-          Shiromi chips roll adalah sushi roll yang berisi tempura udang, tobiko, mayonnaise, nasinya bertaburan bubuk nori serta hiasan potato chips rasa nori. Penampilannya unik dan rasanya pun enak dan gurih.



-          Crispy salmon mentai don adalah semangkuk nasi yang diberi taburan bubuk tepung tempura chrispy, topping salmon yang dialasi lembaran nori, serta saus mentai yang dibakar dengan blowtorch dan diberi taburan bubuk nori.

Semua sajian di tom sushi ini tak ada yang mengecewakan, semuanya enak dan juara. Saya paling suka rasa volcano dan semua sajian dengan saus mentai yang dibakar dengan blowtorch dan diberi taburan bubuk nori. Tiba-tiba tumpukan piring warna warni telah menggunung disamping kami dan kami susah berdiri akibat kekeyangan.

No comments: