Sunday, January 28, 2018

Ahad Subuh Berjamaah Al Hidayah, ustad Romli Djawahir : Mari ber Amar Ma'ruf ber Nahi Munkar

Ceramah Ahad Subuh masjid Al Hidayah, tg 28 Jan 18, ustad Romli Djawahir : Mari ber Amar Ma'ruf ber Nahi Munkar

Umat yang terbaik adalah umat yang ber amar ma'ruf nahi munkar yaitu umat yang sanggup mengajak orang lain kepada kebaikan dan melawan kemunkaran.

Orang baik terbagi 2 yaitu :
1.   Orang Soleh : orang yang baik secara pribadi, kualitas kebaikannya hanya untuk diri sendiri
2.   Orang Muslih : orang yang baik secara pribadi serta sosial, kualitas kebaikannya merambah dan menjadi petunjuk bagi orang lain dan masyarakat, dengan cara ber Amar ma'ruf nahi munkar.

Amar ma'ruf nahi munkar merupakan kewajiban seluruh umat muslim, tapi ditekankan kepada Ulama & Umaro. Umaro melalui kekuasaannya bisa melakukan Amar ma'ruf nahi munkar, contohnya, dengan cara memberikan surat perintah atau sejenisnya, untuk menjalankan suatu kegiatan yang mengajak kebaikan kepada umat / masyarakat.

Surat 11 Hud Ayat 117 : “Dan Tuhanmu tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, selama penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan” Maknanya : masih ada umat yang ber Amar ma'ruf nahi munkar

Syarat orang yang menjalankan Amar ma'ruf nahi munkar adalah : dia sendiri sebagai contoh pada orang lain, jangan sampai seseorang mengajak kepada kebaikan tapi dia sendiri tidak melakukannya.

-          Melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah, pahalanya setara dengan qiyamul lail
-          Setelah sholat subuh, lalu duduk berdzikir, tidak melakukan kegiatan duniawi, lalu melakukan sholat syuruk, pahalanya setara dengan haji dan umroh
-          Karena ba’da ashar adalah waktu terlarang untuk shalat maka bila ada jenasah datang sebelum waktu ashar, maka sholat jenasah dilakukan sebelum sholat ashar.

No comments: