Saturday, August 26, 2017

Menikmati double gyu shabu dengan 2 macam kuah miso dan dashi di Chikugo udon Bintaro (**)

Karena malam Minggu kami gagal masuk ke PSY (Pattaya Steamboat Yakiniku) akibat antrian yang tidak bisa ditolelir, maka kami melipir ke bangunan disampingnya dan menemukan sebuah kedai mungil disebuah ruko bernama Chikugo udon Jl. Senayan Utama Blok HI-2 no. 1B Sektor 9, Pondok Aren, Tangerang.


Sebelum masuk, kami melihat di kaca depan, ditempel gambar aneka menu unggulan kedai ini. Sebuah tulisan yang menyatakan bahwa masakan disini no pork, no lard, no mirin, ditempel dipintu kaca, wah komplit dan jaminan mutu nih.




Ketika kami masuk, saya melihat hanya ada 4 meja makan disebelah kiri, dan sebuah kitchen disebelah kanan, berkonsep open kitchen karena dapur dibatasi oleh partisi kaca sehingga terlihat jelas aktifitas koki menyiapkan makanan. Saat itu ada seorang pengunjung yang sedang makan disana, ditambah kami berdua adalah pengunjung kedua.



Daftar menu berisi aneka variasi udon, donburi, tempura dan shabu shabu set. Karena kadung kami ingin makan masakan steamboat jadilah kami memesan double gyu shabu yang berisi 2 jenis daging, udon, sayur dan 2 macam kuah yaitu miso dan dashi. Kuah miso terbuat dari kedelai yang diolah fermentasi, sedangkan dashi terbuat dari ikan yang direbus lama. Sebagai pelengkap kami memesan ebi tempura, minumannya kami memesan milked matcha float, orange sparkle dan ocha.




Kenikmatan shabu shabu terletak pada kuahnya, dan menurut kami kuah shabu shabu ini lumayan enak dan segar. Tersedia juga bumbu tempura, tepung tempura, daun bawang dan cabe rawit yang bisa diambil sendiri. Double gyu adalah 2 jenis daging yang berlemak dan sedikit lemak, porsinya cukup banyak, kurang seimbang dengan sayurannya yang hanya semangkuk kecil, sehingga kami memesan semangkuk sayur lagi.


Yang kurang pas justru minumannya yaitu milked matcha float, bayangan rasa macha yang pekat menjadi buyar karena ketika diminum rasanya seperti minum susu putih dan tidak begitu manis. Sebaliknya minuman orange sparkle adalah jus jeruk yang dicampur dengan yakult dan soda, rasanya manis banget, unik dan menyegarkan.

Harga paket double gyu shabu adalah Rp 140.000, tambahan sayur Rp 11.819, double ebi tempura Rp 35.454, ocha Rp 6.363, orange sparkle Rp 20.000 dan milked matcha float Rp 25.000. Cukup terjangkau dikantong.

Padahal keunggulan kedai ini adalah terletak pada masakan udonnya yang dibuat sendiri, fresh. Saya melihat merk tepung yang dipakai, dibingkai didinding. Mungkin lain kali kami harus mencoba masakan udon disini.

No comments: