Tuesday, May 03, 2016

Pengajian Mesjid Al Ikhlas oleh ustad Afdoli AR

Selasa Tg 3 Mei 2016, materi : Memahami konsepsi makna takbir dalam perspekstif Al Quran

Surat 9 At Taubah Ayat 51 : Katakanlah (Muhammad), "Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakkallah orang-orang yang beriman.”

Artinya : Ada 3 point pesan Allah kepada manusia yaitu :
Tidak ada sesuatu yang terjadi dalam hidup ini kecuali atas takdir Allah yaitu skenario/ketetapan/rencana Allah, tidak ada faktor kebetulan. Hidup adalah rencana Allah maka jadikanlah Allah tempat bersandar / berlindung kita. Karena yang membuat hidup adalah Allah maka Allah yang lebih tahu persoalan hidup kita dan solusi hidup kita.

Surat 1 Al Fatihah Ayat 5 : Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in : Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

Doa Iftitah : Inna solati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi rabbil alamiin : Sesungguhnya solatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah kerana Allah, Tuhan seluruh alam.

Surat 2 Al Baqarah Ayat 112 : Tidak! Barangsiapa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, dan dia berbuat baik, dia mendapat pahala di sisi Tuhannya, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

Artinya : Bila ada masalah hidup, kita harus berserah diri kepada Allah. Harus diikuti dengan perbuatan-perbuatan baik, maka dia akan mendapat pahala yang besar, sehingga dia tidak pernah takut dan tidak tenggelam dalam kesedihan.

Surat Fussilat Ayat 46 : Barangsiapa mengerjakan kebajikan maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa berbuat jahat, maka (dosanya) menjadi tanggungan dirinya sendiri. Dan Tuhanmu sama sekali tidak menzalimi hamba-hamba (Nya).

Artinya : Senang berbuat kebaikan maka kebaikan berbanding lurus dengan pahala. Senang berbuat kejahatan maka kejahatan berbanding lurus dengan dosa.

Surat Fussilat Ayat 34-35 :
34.      Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia.
35.      Dan (sifat-sifat yang baik itu) tidak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.

Artinya : Orang baik adalah orang yang senang berbuat baik bukan hanya kepada orang baik tetapi juga kepada orang yang jahat kepada kita.

Takdir ada 2 macam yaitu :
1.   Takdir atas usaha manusia yaitu rezeki, jodoh, bahagia dan celakanya manusia di akherat.
2.   Takdir yang merupakan hak paten milik Allah yaitu al maut = kematian :
Surat 17 Al Isra Ayat 85 : Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, "Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit.”

Ada 5 rahasia Allah dalam Al Quran yang tidak pernah diberitahukan kepada manusia :

1.   Datangnya hari Kiamat
Surat 31 Luqman Ayat 34 : Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari Kiamat; dan Dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Mengenal.

Nabi Muhammad pun tidak tahu, beliau hanya menjelaskan tanda-tanda kiamat :
-          Diangkatnya ilmu agama ke langit oleh Allah, yaitu mewafatkan alim ulama tapi tidak ada regenerasi. Contoh Ibu Sinay yaitu ulama yang menemukan ilmu kedokteran. Ibnu Kholdun yaitu ulama yang menemukan ilmu biologi bumi. Imam Syafii yaitu ketika usia 7 th telah hafal 30 juz Al Quran, ketika usia 30 th telah hafal 1 juta hadis.
-          Muncul kebodohan dan jahiliyah
-          Narkoba merajarela
-          Zinah merajarela karena populasi perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Menurut catatan BKKBN di Indonesia perbandingan 1 laki-laki : 3 perempuan.

2.   Al maut = kematian

No comments: