Monday, April 04, 2016

Pengajian mesjid Al Ikhlas oleh ustad Fadlan Garamatan tg 4-4-16 : KEGELISAHAN

Dari hadits Ibnu Mas'ud : Apabila seseorang menerima undangan pengajian, dan dia membaca undangan tsb dengan gembira lalu dia berangkat ke acara pengajian maka langkah kaki kanannya akan memberikan amal ibadah, langkah kaki kirinya akan menghapus dosa-dosanya, selama dia mendengarkan pengajian tsb, maka dia akan ditemanin 70.000 malaikat yang sibuk menyebut-nyebut namanya dihadapan Allah SWT.

Surat 2 Al Baqarah Ayat 56 : Kemudian, Kami membangkitkan kamu setelah kamu mati, supaya kamu bersyukur.

Al Maut artinya pulang. Biasanya pulang itu identik dengan rasa gembira yaitu gembira pulang ke rumah dan bertemu dengan orangtua dan keluarganya. Maka orang yang meninggal itu seharusnya senang dan gembira karena pulang dan berjumpa dengan penciptanya yaitu Allah SWT dan Rasulnya. Bila seseorang takut unt pulang dan menemui penciptanya maka pasti modal dalam hidupnya sangatlah tipis.

Hidup itu seperti lingkaran yaitu berawal dari Allah dan berakhir ke Allah, seperti mengitari Kabah, berawal dari Hajar Aswad dan berakhir ke Hajar Aswad.

Dari hadits Ibnu Mas'ud : Orang yang ikhlas menerima cobaan sakit maka Allah mengutus 4 malaikat yaitu Malaikat 1 untuk mencabut kekuatan tubuhnya, Malaikat 2 untuk mencabut kelezatan dari lidahnya, Malaikat 3 menjadikan wajahnya pucat, Malaikat 4 untuk mencabut seluruh dosa-dosany. Apabila Allah akan memberi kesembuhan maka Allah menyuruh malaikat 1 sampai 3 untuk mengembalikan kekuatan tubuhnya, kelezatan pada lidahnya dan menyegarkan wajahnya, kecuali malaikat 4 karena Allah menerima bahwa orang tsb ikhlas menerima cobaan sakitnya.


Antal maut qoblal maut : belajarlah mati sebelum datang kematian.

No comments: