Tuesday, January 05, 2016

Menikmati makan ditengah alam yang asri dan rindang @ RM Rindang Alam (**)

Apabila anda sedang berada dikawasan Bambu Apus dan merasa lapar, ada sebuah rumah makan yang menyajikan masakan Indonesia, namanya RM Rindang Alam, Jl. Raya Hankam Arteri, Bambu Apus, Jakarta Timur. Tempatnya sesuai dengan namanya yaitu rumah makan dengan nuansa alam yang asri dan teduh karena dipenuhi pepohonan rindang.


Tempat makannya berupa ruang makan utama yang berada didalam bangunan semi permanen yaitu dinding bata, atap genteng tanpa langit-langit dengan penyanggah / tiang-tiang kayu. Meja makannya ada yang meja kursi kayu biasa, ada juga yang semi lesehan, artinya ada semacam panggung kayu segi empat, yang tengahnya bolong untuk menaruh meja, jadi kita duduk disekeliling panggung tsb, dan kakinya masuk ke kolong meja, posisinya kita duduk tapi terlihat seolah-olah sedang lesehan. Selain ruang makan utama, ada juga saung-saung untuk makan lesehan, yang berada dihalaman resto ini.


Ada menu apa saja disini ? Didalam daftar menu tertulis aneka ikan bakar, seafood dan masakan lain seperti nasi / mie goreng, aneka sop, ayam, tahu tempe, sayuran cah, dll, cukup banyak jenisnya. Nah karena menu unggulannya adalah ikan bakar, maka kami memesan gurame bakar Rindang Alam dan karedok sebagai pelengkapnya. Untuk minumannya kami pesan es campur dan jus sirsak.




Pelayanan disini lumayan cepat loh, hanya beberapa menit saja, makanan kami sudah siap dimeja. Seekor ikan gurame yang dibelah melebar, dengan jejak bakaran, terhidang dihadapan kami. Karena tidak ada gurame ukuran kecil, maka kami diberi gurame ukuran 8 ons, wah besar sekali ya.

Bedanya gurame bakar Rindang Alam dengan gurame bakar biasa adalah gurame bakar Rindang Alam digoreng dulu sampai setengah matang lalu dibakar, lain dengan gurame bakar biasa, gurame nya langsung dibakar. Maka gurame bakar Rindang Alam hasilnya adalah permukaan ikan agak kering, kulit bagian kepala agak renyah, dagingnya lembab, tapi tetap smoky, dan bumbunya itu loh, banyak dan meresap, rasanya manis-manis gurih.

Karedoknya juga cukup banyak porsinya. Sayangnya disini tidak menyediakan kerupuk, melainkan hanya emping saja. Yah rasanya kurang lengkap tanpa kerupuk. Terakhir es campur pesanan saya, isinya hanya cincau hitam, kolang kaling, jelly bulat kecil-kecil dan tape ketan hijau. Isinya sih cukup banyak dan rasanya manis menyegarkan, hanya saja saya lebih suka es campur yang isinya buah-buahan.

Ketika kami tanyakan, masakan disini adalah masakan Jawa. Kalau mau makan beramai-ramai bersama keluarga atau teman, sangat cocok disini, karena tempatnya luas dan santai, harganya terjangkau, anak-anak pasti suka bisa bebas berlari-lari dan ada kolam ikan, tempat parkir luas dan ada musholanya.

Walaupun kami makan hanya berdua, kami membayar cukup mahal karena guramenya 8 ons x Rp 15.000 = Rp 120.000, tambah karedok Rp 17.500, nasi @ Rp 7.000, lalap sambal Rp 12.500, es campur dan jus sirsak @ Rp 25.000 dan es teh tawar Rp 6.500 plus tax dan service. Kalau makan disini, cocoknya memang makan berombongan, jadi nikmat dan bisa cicip-cicip banyak jenis menu.

No comments: