Monday, November 30, 2015

Jambe Asri Agro Tourism

Bulan November lalu, saya diajak suami pergi lagi ke Bali dalam rangka dia menghadiri IPOC 2015. Selama dia menghadiri conference, saya sudah punya agenda tersendiri, dimana salah satunya adalah mengunjungi Bali Birk Park di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar.

Tapi sebelum mencapai Bali Birk Park, supir rental mobil yang saya tumpangi menyarankan agar mampir ke Jambe Asri Agro Tourisme di Jl. Tegal Tamu Batubulan, Sukawati, Gianyar, karena selain jalannya memang searah, juga sambil menunggu waktu jam buka Bali Birk Park.


Ada apa di Jambe Asri Agro Tourisme ? Ketika saya datang, saya disambut seorang pemandu yang mengajak saya berkeliling, melihat-lihat berbagai contoh tanaman yang ditanam di area perkebunan Jambe Asri ini. Yaitu berbagai macam tanaman rempah, kopi, coklat dan buah-buahan. Yang menjadi unggulan disini adalah kopi luwak yang berasal dari buah kopi arabica yang dimakan musang, lalu dicerna dan ketika musang buang air besar, biji kopi tsb akan keluar bersama kotoran musang, lalu dibersihkan hingga hiegenis, diproses hingga menjadi bubuk kopi siap minum. Disini terdapat sekitar 12 ekor musang yang ada didalam kandang. Setelah itu ditunjukkan pula cara memproses dan memasak biji kopi tsb secara manual dan tradisional sehingga menjadi minuman kopi.

Setelah selesai berkeliling, saya dipersilahkan duduk dimeja tempat peristirahatan dan disuguhin 13 macam tester minuman secara gratis plus secangkir kopi luwak bila mau, tapi harus membayar Rp 50.000. Semua tester minuman ini adalah jenis produk yang dijual di toko Jambe Asri. Karena saya penasaran akan rasa kopi luwak asal Bali, karena saya sudah pernah mencicipi kopi luwak asal Sumatera, maka saya memesan juga kopi luwak tsb.

Ketika 13 macam tester minuman itu muncul dihadapan saya, wah saya kaget karena cukup banyak juga ya. Semua disajikan didalam cangkir beling bening kecil dengan ukuran setengah cangkir. Tapi kalau saya minum semua, ya bakal perut kembung dan rasanya campur aduk.




Sebelum mencicipi tester minuman, saya diberi daftar nama tester minuman tsb beserta penjelasannya, serta cangkir minuman tsb pun sudah diurutkan sesuai dengan nomer urut dalam daftar tsb.

1.    Herbal tea yaitu minuman yang baik untuk menjaga kesehatan. Bila diminum setiap hari akan mencegah penyakit kanker, tekanan darah tinggi dan kolestrol tinggi. 100% terbuat dari kunyit, rasanya asam dan segar, rasa dan aroma kunyit cukup ringan.

2.    Mangosteen peel yaitu minuman yang berasal dari kulit manggis segar yang direbus, lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk dan diseduh menjadi minuman. Kegunaannya untuk mencegah penyakit kanker, agar awet muda, baik untuk kesehatan gigi, mata, kulit, rambut, mencegah stres, baik untuk pencernaan, vitalitas pria dan mencegah kanker prostat. Rasanya manis, mirip minuman rasa anggur.

3.    Lemon Grass tea yaitu minuman yang terbuat dari sereh. Kegunaannya adalah membantu mengatasi rasa mual, rasa kram parah akibat menstruasi, melancarkan BAK, mengeluarkan racun dari hati, pangkreas, ginjal, kandung kemih, saluran pencernaan, menjaga kadar kolestrol tetap normal, mengeluarkan racun dari tubuh, mencegah kelebihan lemak, meningkatkan kerja pencernaan, menyembuhkan batuk dan flu. Rasanya asam seperti rasa lemon, aroma sereh terasa samar-samar.

4.    Ginger tea yaitu minuman rasa jahe. Aroma dan rasa jahe cukup lembut, tidak terlalu pedas dan tajam. Kegunaannya mencegah flu, membantu pencernaan, mengatasi mual dan sakit tenggorokan, efek perbaikan pada diare dan sakit perut, menurunkan suhu tubuh, melancarkan sirkulasi darah.

5.    Lemon tea yaitu minuman teh rasa lemon yang lembut, tidak terlalu asam. Minuman ini cukup banyak ragam dan jenisnya, sehingga menghasilkan berbagai macam ramuan minuman. Bila dibandingkan dengan minuman soda atau kopi, minuman teh lebih bermanfaat bagi kesehatan, dan lemon berfungsi sebagai antiseptik alami. Sehingga minuman lemon tea sangat populer sebagai minuman kesehatan.

6.    Rosella tea yaitu minuman kesehatan asli Indonesia yang diproses secara higenis. Campuran antara bunga rosella murni dengan gula menghasilkan rasa teh yang kaya, berguna untuk mencegah kanker, memperlancar aliran darah, menyegarkan tubuh, bebas tanpa efek samping. Rasanya asam segar dan lembut.

7.    Red ginger tea yaitu minuman jahe merah yang rasanya pedas dan tajam, membekas di tenggorokan. Kegunaannya untuk menghangatkan tubuh, mengobati sakit tenggorokan, asma, melancarkan peredaran darah, menambah daya tahan tubuh dan mencegah flu.

8.    Gingseng coffe yaitu minuman kopi rasa gingseng, rasanya pahit samar-samar. Gunanya merangsang nafsu birahi dan menambah kekuatan. Meningkatkan hubungan yang harmonis bagi suami istri, mempercepat penyembuhan bagi berbagai penyakit.

9.    Bali coffe yaitu kopi Bali organik, kopi Bali terbaik yang melalui seleksi dan dipanen karena matang dan berwarna merah akibat panas matahari. Diproses dengan cara dipanggang secara perlahan untuk memastikan kualitas biji kopi terbaik, sehingga menghasilkan rasa kopi yang kaya, terbaik dan fantastik. Berasal dari kopi Arabica, rasanya pahit yang kuat khas black coffe.

10. Cocoa spices yaitu minuman yang berasal dari campuran bubuk coklat ditambah gula dan rempah-rempah asli Indonesia yaitu jahe, kayu manis, bunga lawang/pekak dan kapulaga. Menghasilkan rasa yang khusus dari 100% bahan alami.

11. Vanilla coffe yaitu minuman kopi yang dicampur dengan ekstrak vanila, bagus untuk kesehatan dan menenang saraf. Biasa disajikan pagi-pagi.

12. Bali cocoa yaitu minuman yang terbuat dari bubuk coklat, mengandung 100% coklat asli, rasanya sedikit pahit khas dark chocolate. Mengkonsumsi minuman coklat panas secara positif meningkatkan kesehatan, karena mengandung antioksidan. Rasa yang ditemukan dalam coklat panas menguntungkan kesehatan karena sebagai dinding perisai bagi pembuluh darah agar terhindar dari radikal bebas, menyeimbangkan tingkat senyawa yang disebut eicosanoids yang berguna bagi kesehatan jantung. Eicosanoids adalah molekul dibuat oleh oksidasi asam lemak 20-karbon. Mereka melakukan kontrol yang kompleks lebih banyak sistem tubuh; terutama dalam pertumbuhan selama dan setelah aktivitas fisik, peradangan atau kekebalan setelah asupan senyawa beracun dan patogen, dan sebagai utusan dalam sistem saraf pusat. Jaringan kontrol yang tergantung pada eikosanoid adalah yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Jumlah dan keseimbangan lemak ini dalam diet seseorang akan mempengaruhi fungsi eicosanoid dikendalikan tubuh, dengan efek pada penyakit jantung, trigliserida, tekanan darah, dan arthritis.

13. Coconut coffe adalah minuman yang terbuat dari campuran kopi Kintamani dengan bubuk krem kelapa segar yang dicampur dengan non diary cream dan gula, menghasilkan minuman yang kaya rasa kopi dan kelapa. Rasanya hampir mirip dengan bajigur.

14. Luwak coffe yaitu kopi yang dihasilkan oleh musang kelapa asia, yang hanya memakan buah kopi yang prima/utama yaitu buah kopi yang utuh, matang dan bersih, yang dia pilih sendiri. Buah kopi tsb masuk kedalam saluran pencernaan musang dan melalui fermentasi alami. Proses pengolahan kopi luwak melalui kebersihan yang standard dan higenis, tapi tetap mempertahankan rasa dan aroma yang alami dan eksotis. Menggunakan kopi Arabica yang berasal dari Kintamani, membuat kopi luwak menjadi pilihan utama penggemar kopi dunia. Silahkan menikmati aroma dan rasa super eksotis. Apabila dibandingkan dengan rasa kopi Bali, rasa kopi luwak sangat jauh dari rasa pahit dan sedikit rasa asam akibat fermentasi didalam pencernaan musang.

Selesai mencipipi semua tester minuman tsb, kemudian saya diantar ke toko yang menjual aneka produk minuman kopi, teh dan rempah tsb. Saya malah membeli biji vanila utuh. Terbanyang minuman yang biasa saya buat sendiri dirumah bakal lebih nikmat dengan campuran vanila asli, bahkan kulitnya pun akan saya masukkan toples gula agar menghasilkan gula dengan aroma vanila.


Saya tidak membeli kopi karena perut saya suka kembung dan maag kambuh, dan saya juga tidak membeli teh dan rempah karena saya juga sering bikin minuman teh rempah sendiri dirumah dengan memakai rempah asli yang saya beli dari pasar.

No comments: