Friday, June 10, 2011

Pengobatan alternative


      Habib Yusuf Idrus : Ahli pengobatan tradisional penyakit Maag



Saya datang kemari karena atas ajakan seorang teman yang sedikit memaksa. Alasannya mumpung lagi di Bandung, dan tempatnya pun dekat dengan lokasi pertemuan kami. Dia berpromosi, cukup sekali saja berobat kesini, sakit maag tidak akan kambuh lagi. Wah menarik sekali. Teman saya ini sudah kenal dengan Habib tsb sudah lama sekali, sejak dia kecil, sehingga dia pun telah membawa sanak saudara serta teman-temannya datang berobat kesini dan hasilnya memang memuaskan.
Ketika saya berhadapan dengan pak Habib, saya ditanya tentang riwayat sakit maag secara detail. Rupanya penyebab utamanya adalah bahwa saya tidak bab setiap hari, sehingga timbul gas yang membuat perut saya kembung dan besar. Ditambah kebiasaan buruk saya yang sedikit mengkonsumsi serat, jarang bergerak serta stress.
Setelah selesai dicatat, saya diberi 3 kapsul yang langsung saya minum, kemudian disuruh berbaring ditempat tidur. Bagian perut dibuka, lalu diikat tali kain sehingga perut saya semakin menggembung. Ketika diketuk-ketuk oleh tangan terdengar bunyi bung bung bung. Walah perutku penuh oleh gas beracun. Lalu diselipkan sebuah logam dibawah tali yg mengikat perut saya, dimana logam tsb dihubungkan kesuatu alat yang bila dinyalakan akan menghantarkan kejutan-kejutan listrik. Hal ini akan merangsang otot lambung agar bekerja lebih keras. Lumayan sakit juga sih, rasanya lambung terasa melilit.
Setelah terapi selesai sekitar 15 menitan, saya kembali duduk dan diberi 3 kantong obat kapsul yang berisi ramuan herbal. Kantong pertama adalah untuk diminum 3 kapsul setelah makan pagi (pk. 7), siang (pk. 12), malam (pk. 19) serta 2 kapsul sebelum tidur (pk. 21), jadi total 11 kapsul sehari.
Setelah kantong pertama habis, dilanjutkan dengan kantong kedua sebanyak 3 kapsul setelah makan pagi, siang dan malam, jadi total 9 kapsul sehari. Kedua kantong tsb sudah saya habiskan selama 1 minggu. Sedangkan kantong ketiga disimpan sebagai persediaan apabila sakit maag kambuh, dan obat tahan disimpan selama 8 bulanan.
Selama pengobatan pantang makan : mi instan, kacang merah, kol, toge, sawi, roti, biscuit, pisang, dan madu. Kerennya lagi aku disuruh makan sambal yang pedas agar terbukti saya tidak mengidap radang usus. Bila sakit sudah sembuh tidak ada lagi pantangan makan, asal bab setiap hari, bila perlu dibantu dng obat pencahar. Terus kalau mau minum kopi sebaiknya jangan minum kopi instan dalam kemasan, melainkan kopi asli yang baru digiling. Seminggu telah berlalu, perut saya rasanya lebih rileks dan tidak kembung. Mudah-mudahan keadaan ini akan berlanjut seterusnya.
Mengenai biayanya, karena saya datang bersama sang teman, maka saya diberi harga super murah, katanya, yaitu rp 350.000. Tips bila berobat ke alternative adalah harus membawa uang yang banyak karena selain ngga bisa gesek, obat herbal pasti lebih mahal daripada obat kimia. Ketika saya berobat kandungan di sinshe di toko obat Mutiara di Gloria Glodok serta di habib ahli kandungan disebelah Universitas Yarsi Cempaka Putih, harga obatnya jauh lebih mahal yaitu diatas sejuta, itu pun dulu, sudah lama sekali.

Bp. Ketut Shuarsana : ahli tanaman

Loh kok berobat ke ahli tanaman ? Nah ini dia istimewanya. Pak Ketut ini seorang ahli tanaman di Departemen Pertanian, sehingga dia bisa meracik berbagai tanaman herbal lalu dimasukkan dikapsul dan diberikan kepada kita sebagai obat yang diminum 3 kapsul sebanyak 3 kali sehari.
Caranya, kita ceritakan dulu riwayat penyakit kita, lalu ditotok oleh sebuah alat totok yang terbuat dari logam tumpul, tapi hanya sebentar, paling 5-10 menit saja agar ditemukan penyakitnya sekaligus sebagai terapi. Barulah diberi obat untuk 1 bulan seharga Rp 200.000 sedangkan untuk totoknya membayar secara sukarela.
Ketika itu suami saya berobat karena asam urat dan kegemukan serta saya berobat myome dalam kandungan. Saya kesini atas rekomendasi teman sekantor saya yang bapaknya sakit jantung koroner dan harus dioperasi untuk dipasang ring. Alhamdulillah setelah secara teratur datang ke pak Ketut selama 3 bulanan, beliau tidak jadi dioperasi.
Oh ya, ada sebuah resep dari dia, kalau mau bab lancar dan mengeluarkan lemak, tiap hari minum jus papaya mengkel yang 3 hari lagi mau matang tapi dijus bersama kulitnya, sebanyak 3 kali sehari. Saya sudah coba loh, badan terasa lebih enteng dan berat badan turun. Jangan khawatir, jus pepayanya enak kok, ngga pahit. Kalau mau dicampur buah lain atau madu juga oke kok.
Karena pak Ketut tiap hari pergi ke kantor, maka prakteknya hanya hari sabtu didaerah Depok dan hari minggu didaerah Cikampek. Kalau datang sebaiknya pagi-pagi, karena selain menghindari kemacetan, kan harus menunggu obatnya diracik dulu. Kalau datangnya kesorean, obatnya terpaksa diambil besok. Lalu kendala berobat kesini memang hanya 1 yaitu macet parah.

No comments: