Label

Minggu, Juni 26, 2011

Menikmati dessert roti bakar unik & lezat (***)








Saya mendengar sebuah berita dari dunia kuliner yang menghebuskan kabar bahwa ada sebuah resto baru dengan sajian unik di Gandaria City. Namanya Roppan. Menunya, roti bakar. Lalu dimana uniknya ? Jangan salah, ini bukan roti bakar biasa melainkan roti bakar ala Jepang, tepatnya ala sebuah kota di Jepang yang bernama Roppongi. Sedangkan Pan artinya adalah roti. Jadilah Roppongi Pan disingkat menjadi Roppan. Uniknya lagi topping roti bakar ini banyak sekali variantnya dengan penampilan yang menggiurkan.
Kalau kita datang ke gerai Roppan, langsung disambut oleh etalase yang bercahaya dan penuh berisi Roppan toast, yaitu selembar roti bakar yang tebal yang diberi topping beraneka ragam, mau asin atau manis, mau coklat atau keju, mau buah-buahan atau daging, mau kacang atau sosis, semua ada, semua menggiurkan. Langsung saja tunjuk, lalu mau makan ditempat atau dibungkus. Jangan lupa beli minumannya digerai Roppan drink.  Ada beragam minuman tea, latte, beer, punch, shake, dll semua dikemas dalam gelas plastic yang langsung disegel plastic sehingga cara minumnya harus ditusuk pakai sedotan.
Kalau mau makan yang lebih berat daripada Roppan toast, kita bisa lihat daftar menu dari Roppan kitchen dan Roppan Dessert. Ada udon, rice, sushi, salad serta bento. Suami saya langsung memilih Roppan udon. Saya sendiri langsung dilanda kebingungan, pengen sushi tapi rugi deh kalau tidak mencoba dessert andalan disini yaitu Honey Toast yang gambarnya sungguh aduhai, sehingga tanpa sadar saya menelan ludah sendiri. Akhirnya saya pun nekat memilih keduanya yaitu Tempura sushi & Matcha Honey Toast.
Hidangan yang pertama datang adalah Matcha Honey Toast, penampilannya sungguh luar biasa. Yaitu selembar roti dengan ketebalan 4 lembar roti tawar biasa, pinggiran rotinya dipotong tapi tidak putus sehingga tetap berbentuk kotak. Lalu rotinya dipotong kotak kotak berbentuk dadu dan dimasukkan kedalam kotak yang terbuat dari pinggiran roti tadi, dibakar hingga garing, lalu disiram madu, diberi 3 scoop es krim matcha atau green tea yang berwarna hijau terang. Kemudian diberi garnish coklat siram, sesendok kacang merah yang sudah direbus hingga lembut serta ditaburi potongan kacang pistachio. Disajikan diatas sebuah piring berbentuk kotak, dimana keempat sudutnya dihiasi coklat serut dan vla matcha yang berwarna hijau. Mengenai rasanya, sama luar biasanya dengan penampilannya. Rotinya garing diluar lembut didalam, rasanya manis mengelus lidah, yang berasal dari perpaduan rasa madu yang sudah meresap kedalam roti, rasa kacang merah dan rasa es krim yang manis manis pahit khas green tea. Rasanya melayang layang kelangit ketujuh deh. Apalagi ukurannya juga besar dan cukup dimakan untuk berdua. Wow fantastic.
Setelah kami menghabiskan dessert yang kami rubah menjadi appetizer ini, datanglah hidangan utama kami, Roppan udon & Tempura sushi. Sushinya pas seperti favoritku yaitu 6 potong sushi roll (matang), yang berisi tempura udang yang dibalut nori kemudian dibalut nasi, tipis saja, lalu dibalut nori lagi lalu digoreng lagi dengan balutan tepung tempura, serta diberi garnish siraman saus mayones. Rasanya enak, gurih, garing, udangnya tebal, nasinya tipis, tidak bikin kekenyangan serta tidak amburadul ketika digigit. Sushi ini disajikan bersama tempura, yang menurut tebakanku adalah wortel karena warnanya yang orange. Tapi ketika dimakan, surprise, ternyata ini adalah acar jahe yang biasanya disajikan polos berwarna merah. Wah enak ya.
Tak lupa kucicipi Roppan udon pesanan suami saya yang penampilannya sungguh unik, yaitu semangkok udon dalam kuah bening kemerahan, diberi daging, setengah telur rebus, toge serta kangkung, rasanya juga mirip mi kangkung yaitu gurih dengan rasa samar ebi. Ah segar.
Buat kami bersantap disini menimbulkan gairah baru karena baik rasa dan penampilan berbeda dari biasanya, harganya pun standar saja, yang paling mahal saja tidak lebih dari Rp 36.000. Nah siapa mau coba ?

Tidak ada komentar: