Sunday, October 24, 2010

Misteri Nama 90 Gourmet (***)




Gourmet ! Setahuku ini artinya adalah orang yang memiliki keahlian menilai masakan. Nah kalo ada restaurant berjudul 90 Gourmet, nah apa yang ada dibenak anda ? Bingung kan ? Sebenarnya restaurant ini menyajikan menu masakan apa sih spesialisasinya ?
Restaurant ini adanya di kota Bandung. Tepatnya di jl. RE Martadinata no 90. Nah pasti judul restaurant ini ada hubungannya dengan nomor restaurantnya. Tapi misteri nama Gourmet belum bisa dipecahkan. Jadi daripada pusing-pusing mending kita mampir saja makan disini. Alhasil nama Gourmet sukses juga bikin orang penasaran & mampir kesini ya.


Memasuki restaurant ini, wah besar juga ya, ruangannya luas, terdiri dari 2 tingkat, interiornya bagus yaitu dominan kayu, pake bambu-bambuan, lalu ada lampu-lampu didalam sangkar burung, serta langit-langitnya yang tinggi menjadikan udaranya sejuk. Nah aku mulai merasa kalau harga-harga disini pasti mahal. Mari kita buktikan.
Kami disodori 2 jenis buku menu, yang pertama adalah Azuma, sushi-pasta-teppanyaki, off course ini menu masakan Jepang. Sedangkan buku menu kedua berjudul Orange Blossom, lightmeal & dessert, isinya berbagai menu makanan ringan & dessert seperti pancake, dll serta aneka minuman. Gambarnya cantik-cantik banget, unik & menggiurkan. Tapi karena ini jam makan siang kami memilih menu masakan Jepang saja.
Pilihanku adalah Tempura donburi sedangkan suamiku Yakiniku donburi. Kami juga memesan Edamame dan Chawan mushi sebagai pembuka, memesan minuman Tutty fruity ice tea dan Blueberry smoothies, serta membungkus Diamond roll untuk oleh-oleh keponakanku. Sambil menunggu pesanan datang, kami membaca majalah yang tersedia disana.
Donburi adalah nasi putih dengan berbagai macam lauk yang diletakkan diatasnya seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah yang dihidangkan didalam sebuah mangkuk besar yang disebut donburi. Kuah untuk donburi tergantung pada jenis makanannya, tapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin. Nah karena aku tidak suka makan nasi yang dibasahi oleh kuah, maka aku memesan kuahnya dipisah. Padahal keistimewaan donburi adalah kuah yang meresap ke dalam nasi yang dianggap sebagai kelezatan tersendiri.
Tempura donburi pesananku disajikan didalam sebuah mangkuk persegi empat, dimana paling bawah adalah nasi, lalu ditaburi tepung tempura yang banyak sehingga menutupi seluruh permukaan nasi, lalu diberi susunan tempura yaitu 2 udang, 1 jamur shitake, 1 wortel & 1 paprika hijau. Disajikan bersama kuah pencelup tempura serta miso soup. Rasanya enak, tapi nasiku hanya habis setengah saking banyaknya.
Sedangkan penyajian Yakiniku donburi pesenan suamiku juga persis sama, nasi ditutupi dengan beef yakiniku yang ditaburi wijen lalu dihiasi dengan irisan cabe merah, buncis serta telur dadar iris. Hmm dagingnya empuk dan bumbunya meresap, enak deh.
Penampilan Chawan musi nya juga cantik, campuran telur ayam dengan kaldu ini dikukus sehingga penampilannya licin serta lembut seperti pudding dihiasi oleh jamur. Rasanya hangat, gurih dan lembut meluncur di tenggorokan.
Yang istimewa adalah minumannya. Tutty fruity ice tea adalah teh yang berwarna kemerahan yang diberi buah strawberry, leci serta blueberry. Rasanya manis-manis asam, dan sudah tidak terasa lagi tehnya. Sedangkan Blueberry smoothies adalah buah blueberry yang diblender bersama ice cream & yogurt, lalu dihiasi whipped cream dan blueberry. Aah enak sekali, manis, ada sedikit rasa asam menyegarkan.
Secara keseluruhan makan disini enak lah, apalagi karena didukung dengan suasana yang nyaman. Nah bagaimana dengan harganya ? Tempura donburi dihargai Rp 45.000, Yakiniku donburi Rp 55.000, Diamond roll Rp 45.000, Chawan musi Rp 17.000, Edamame Rp 16.000, Tutti fruity tea Rp 15.000 & Blueberry smooties Rp 25.000. Total kami harus membayar after tax & service adalah Rp 250.700. Harganya tergolong masuk akal lah.
Nah kalau anda tertarik, silahkan telpon dulu di 022 420 3295. Terakhir, misteri nama Gourmet hubungannya dengan masakan Jepang masih belum bisa saya pecahkan. Jadi kalau anda sudah tau duluan, silahkan tinggalkan comment ya. Thx.

1 comment:

Unknown said...

sebenarnya nama 90 Gourmet adalah sebuah nama gedung dan di dalamnya ada 3 restoran yang bernama Azuma yg merupakan restoran Jepang, Orange Blossom yang berfokus di lightmeal dan dessert serta Patio yang menjual pizza, pasta dan bir. Nomor 90 sendiri merupakan nomor alamat restoran 90 gourmet yang bertepatan di jalan Riau 90. Terima kasih.