Friday, May 02, 2008

MANFAAT TEH BAGI KESEHATAN

Disusun oleh : Boyke Setiawan Soeratin , Bagian Pengkajian dan Renbang PTPN VII, Lampung.

T e h yang kita kenal sehari – hari untuk minuman kesegaran ternyata banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selama ini kita kenal untuk kesegaran saja padahal banyak gunanya untuk kesehatan. Pengaruh konsumsi baik teh hitam maupun teh hijau banyak dihubungkan dengan perkembangan dan kemajuan yang terkait dengan penyakit kardiovaskular yaitu penyakit pada jantung dan pembuluh darah.
Pada penelitian yang dilakukan di Belanda memberi gambaran yang nyata bahwa, kebiasaan minum teh secara teratur ternyata mampu mencegah penimbunan kolesterol pada pembuluh darah arteri, khususnya pada wanita. Minum teh satu sampai dua cangkir mampu menekan penimbunan kolesterol 46% sementara mengkonsumsi empat cangkir mampu menekan kolesterol sampai 68%. Hal tersebut ditunjang olah hasil penelitian di Amerika yang menunjukkan bahwa serangan jantung berkurang 40% pada orang-orang yang membiasakan minum teh hitam.

KHASIAT UTAMA TEH
Khasiat utama teh yaitu ada pada polifenol dalam daun muda dan utuh. Katekin, senyawa dominan dari polifenol teh hijau, terdiri dari epikatekin, epikatekin gallat, epigallokatekin, epigallokatekin gallat, katekin, dan gallokatekin. Senyawa polifenol berperan sebagai penangkap radikal bebas hidroksil sehingga tidak mengoksidasi lemak, protein,dan DNA dalam sel. Kemampuan polifenol menangkap radikal bebas 100 kali lebih efektif dibanding vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E. Katekin mencegah oksidasi low density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat. Alhasil, pembentukan kerak di dinding pembuluh darah penyebab arteriosklerosis bisa ditangkal. Selain itu,kandungan epigallokatekin dan epigallokatekin gallat pada teh hijau menghambat aktivitas enzim yang mengatur tekanan darah. Konsumsi teh secara teratur, 2 - 4 gelas setiap hari, dapat menurunkan tekanan darah penderita tekanan darah tinggi sehingga kembali normal.

INFERTILITAS
Penelitian terbaru sangat mencengangkan, ternyata kebiasaan minum teh pada wanita dapat meningkatkan kemungkinan hamil dua kali lipat. Kemungkinan tersebut diperkirakan oleh karena kandungan teh mampu mempengaruhi DNA dan kandungan itu pula membantu ovum (sel telur) sang wanita dalam proses fertilisasi. Infertilitas adalah ketidakmampuan pasangan untuk menghasilkan keturunan, tapi bukan ketidakmampuan mutlak untuk memiliki keturunan.

ANTI TUMOR
Teh ternyata mempunyai khasiat sebagai anti tumor. Pada penelitian hewan hidup yang diberi makanan tambahan teh hijau, kanker prostat dapat dihambat . Institut Riset Kanker Saitama, Jepang telah menemukan wanita dengan kanker, yang membiasakan minum teh 5 cangkir sehari mempunyai kemungkinan sembuh sekitar 50% dibandingkan yang hanya minum 1 cangkir atau tidak sama sekali. Rupanya komponen dari teh hijau dapat menghambat angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru) yang menjadi salah satu kemampuan dari kanker yang harus diperangi. Dua Peneliti China mengungkapkan minum teh 2-3 cangkir perhari dalam jangka waktu lama merupakan cara terbaik untuk mencegah kanker. Dari laporan penelitian terpisah yang dilakukan terhadap 254 orang Cina di Australia menemukan bahwa teh memiliki kemampuan menurunkan risiko kanker ovarium (indung telur). Pada wanita yang mengkonsumsi teh lebih dari 30 tahun, kemungkinan mereka terserang kanker ovarium hanya sekitar 23%.

TEH, MATA dan DIABETES
Kebiasaan minum teh dan sayuran termasuk wortel menekan kemungkinan kebutaan oleh karena proses degenerasi macula, yaitu penyebab kebutaan yang tinggi karena usia lanjut, menurut laporan penelitian besar di Eye Disease Case-Control Study Goup. Pada penderita Diabetes maka retinopathy diabetes (kerusakan pembuluh darah di retina mata yang sering menemani penyakit diabetes) dapat dicegah, sehingga kebutaan dapat dicegah pula. Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus, pemberian teh hijau ternyata memiliki pengaruh pada kemampuan sensitifitas insulin dalam menekan kadar glukoda. Pengaruh yang sama diharapkan bisa terjadi pada manusia khususnya penderita diabetes sehingga kadar glukosa darah mereka turun.

TEH MENURUNKAN HIPERTENSI
Hipertensi adalah tekanan darah tinggi. Penelitian terhadap 600 orang dari 1507 orang di Taiwan yang berkaitan dengan konsumsi teh menunjukkan bahwa, kebiasaan minum teh lebih dari 1-2 cangkir perhari membantu menekan sampai 46% timbulnya hipertensi, sementara konsumsi 3 cangkir teh atau kebih 600 cc perhari mampu menekan timbulnya hipertensi sampai 65%.

TEH DAN GENETIKA
Kita menyadari bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan seperangkat ketentuan yang berawal dari berbagi faktor yang diturunkan dari nenek moyang yang biasa dikenal dengan istilah genetika atau DNA. Era bialogi molekuler yang berkembang pada awal abad 20, secara menakjubkan mampu menunjukkan secara tepat pengaruh dan kekuatan DNA sebagai faktor pembawa keturunan pada hampir semua mahkluk hidup termasuk manusia. Namun dalam sebuah riset yang dilakukan di Department of Neuroscirnce and Vision, University of Verona, Italia, teh hijau memperlihatkan kemampuannya dalam mempengaruhi genetika manusia. Penyakit radang kronis yang diakibatkan olah faktor keturunan pada gen atau DNA ternyata mampu dihambat perkembangannya melalui transkripsi genetik iNOS expression dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur. (iNOS adalah inducible enzyme yang diaktifkan oleh paparan endotoksi bakteri atau sitokin. iNOS telah ditemukan dalam makrofag, neutrofil, dan sel-sel otot polos vaskular. iNOS menghasilkan RNS (Reactive Nitrogen Species), sebuah radikal bebas nitrogen).

TEH UNJUK GIGI KUAT
Jika Anda memiliki radang gusi, cobalah minum secara teratur teh hijau. Zat yang ada pada t e h yaitu Katekin dan faktor turunannya secara meyakinkan mampu menghambat aktifitas Rgp (Arg-gingipain) yang berperan dalam proses peradangan gusi (periodental gingivalis).

TEH dan HATI
Senyawa dari polifenol pada teh hijau ternyata memiliki kamampuan dalam menghambat proliferasi faktor pertumbuhan sel yang dirangsang oleh HSC (hepatic stellate cell) yang biasa menyerang pada para penderita hati kronis.

TEH dan PROTEKSI SARAF
Penyakit Alzheimer merupakan suatu bentuk penyakit yang berkaitan dengan penurunan fungsi saraf. Pemeriksaan pencitraan dengan perangkat nuklir (PET) membagi penyakit dalam fase awal yang dapat diatasi dengan jalan menghambat beta dan gama sekretase oleh bahan yang sudah umum digunakan misalnya melantonim. Jika sudah sampai pada tingkat lanjut tentu pengobatan dan akhirnya tindakan transplantasi tak bisa dihindari. Dengan minum teh hijau yang mengandung katekin dengan unsur turunannya seperti epigallokatekin gallat secara teratur ternyata mampu memperlambat timbulnya proses Alzheimer. Pada teh hitam kandungan katekin kurang lebih setengah teh hijau, jadi minum 2 gelas teh hitam setara dengan 1 gelas teh hijau bila sulit memperoleh teh hijau.

KESIMPULAN

Teh sangat bermanfaat bagi manusia oleh karena mempunyai khasiat yang beraneka ragam mulai dari kesehatan gigi, mata, jantung, otak dan hati, sampai mencegah kanker dan Alzheimer. Kandungan katekin di dalam minuman teh merupakan komponen yang diunggulkan dalam berbagai proses perlindungan kesehatan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, TEH Indonesia ternyata memiliki kadar katekin cukup tinggi sehingga bisa ditempatkan sebagai bahan minuman kesehatan. PTPN VII mempunyai jenis t e h hitam mutu tinggi yang lain dari produk t e h biasa yang beredar di pasaran (juga merupakan produk ekspor). Karena mutunya tinggi lebih menjamin kandungan dalam t e h bisa bermanfaat untuk kesehatan tidak seperti halnya t e h tubruk yang biasa diminum masyarakat. Maka belilah teh produksi PTPN VII sekarang juga.

Sumber : Pranoto (2007) , T e h minuman bangsa – bangsa dunia .

No comments: