Sunday, June 09, 2013

Mau pingsan karena kekenyangan makan di Marugame Udon & Tempura (***)






Akhirnya kesampaian juga makan di Marugame udon dan tempura di Mall Taman Anggrek. Setelah sebelumnya resto ini dipenuhi antrian pengunjung yang mengular sampai keluar area resto. Sekarang juga masih antri sih, tapi lebih pendek. Memerlukan waktu hampir setengah jam untuk sampai ke hidangan yang siap kita santap. Walaupun begitu tidak ada rasa kesal dan sesal ketika mengantri, karena proses untuk mendapatkan sajian ini cukup unik dan menarik.

Dimulai dengan memasuki antrian. Selama mengantri kita bisa melihat daftar menu yang terdiri dari 8 jenis udon dan 4 jenis nasi. Didalam daftar menu juga tertera harga udon yaitu antara Rp 33.000 sampai Rp 50.000. Sambil berpikir kita mau pesan apa, kita semakin mendekati open kitchen dengan dinding kaca sehingga kita bisa langsung melihat proses memasak secara langsung. Dari situ syaraf kita semakin terangsang, semakin menitikkan air liur, perut semakin keroncongan. Tiba didepan waitress yang menanyakan pesanan kita, kita sudah dalam keadaan lapar mata. Great tactics.

Sayapun memesan Niku udon yaitu mi Jepang yang tebal disajikan dengan kuah dashi dan diberi lembaran daging sukiyaki. Pesanan suami saya tidak begitu jauh berbeda, hanya saja dia memakai kuah kari kental, sehingga pesanannya disebut Beef curry udon. Setelah udon ditaruh didalam mangkuk, disiram kuah dan diberi daging, ditambahkan pula irisan daun bawang dan remahan tepung tempura sebagai pelengkap. Kemudian kami bergeser kekanan dan disana terhampar aneka tempura yang bisa kita ambil sendiri. Ada 10 jenis tempura alias gorengan berbalut tepung, diantaranya adalah tempura isi udang, ikan, ayam, telur, cabe hijau isi ayam, sayuran, brokoli, dll. Saya mengambil udang / ebi tempura serta tempura ikan kisu. Suami saya mengambil ebi, egg dan chicken chilli tempura.

Setelah puas memilih tempura, kami bergeser lagi kekanan untuk memesan ocha dingin dan langsung membayar dikasir. Niku udon pilihan saya dihargai Rp 40.909, Beef curry udon Rp 45.455, ebi tempura Rp 12.727, egg tempra Rp 7.273, kisu tempura Rp 9.091, chicken chilli tempura Rp 6.364 serta ocha dingin Rp 9.091. Semua itu masih dikenakan pajak 10%.

Seorang waitress langsung mengambil baki yang berisi makanan kami dan mencarikan tempat duduk. Jadi kita tidak perlu repot lagi  mencari tempat duduk terlebih dahulu, karena selama proses mengantri inilah, beberapa pengunjung pasti sudah selesai makan, dan waitress pun siap menaruh makanan kita dimeja makan. Terakhir sebelum duduk, terlebih dulu kami menuju sebuah counter yang berisi kecap asin, jahe cincang, potongan cabe rawit, wijen, irisan daun bawang, remahan tepung tempura, sendok, sumpit dan sedotan. Setelah selesai mengambil bumbu pelengkap tersebut, barulah kami menuju meja makan dan mulai bersantap.

Disetiap meja juga tersedia saus tempura dan cabe bubuk. Saatnya mulai menyuap makanan. Hmm udon betul-betul tebal, kuah dashinya pun nikmat menyegarkan, walaupun agak berkurang panasnya akibat proses yang panjang dan lama. Remahan tepung tempuranya pun sudah tidak kranci lagi, sudah melempem dan mekar didalam kuah udon. Walaupun begitu kami sangat menikmati sajian lezat ini, apalagi ditambah tempura yang berukuran cukup besar, tebal, garing dan kranci, semakin lezat bila dicocol dengan sausnya yang agak manis. Ebi tempura, baik udang dan tepungnya sama-sama tebal. Egg tempura ketika dipotong, kuning telurnya masih setengah matang. Chicken chilli tempura yaitu cabe hijau besar yang berisi adonan ayam.

Udon saya masih tersisa sedikit, tapi saya sudah mau pingsan karena kekenyangan. Kalo udon suami saya sih sudah pasti ludes tandas. Kayanya saya ngga bakalan makan lagi sampe besok pagi. Sebenarnya masih ada satu tahap terakhir yang harus kami lakukan ketika selesai makan, yaitu membereskan dan menyimpan baki dan peralatan bekas makan, ditempat yang telah disediakan. Cuma saya lupa dan baru inget ketika menulis review ini, ha ha ha...

Buat yang penasaran pengen coba, kudu ke Taman Anggrek Mall dulu dilantai 3. Oh ya sebelum makan saya tanya dulu dong kehalalannya. Waitressnya pun banyak yang berjilbab. Amanlah.

No comments: