Sunday, February 28, 2010

Pondok Pangandaran, Indonesian food / Seafood restaurant (***)

Jl. Kelapa Gading Boulevard Blok QA I no. 22 Jakarta Utara, Phone : 021 450 2548 / 450 7916

Banyaknya restaurant seafood didaerah Kelapa Gading Boulevard membuat kami sulit menentukan restaurant mana yang yahud. Hampir semua restaurant seafood disini dipenuhi pengunjung & dimuat dalam ulasan kuliner. Contohnya adalah Pondok Pangandaran yang bersebelahan dengan Seafood 212, ada juga Seafood 1001 malam, Sedap Malam, Cak Gundul, dan Seafood Ayu. Pemandangannya juga hampir serupa yaitu ramai oleh pengunjung, antrian parkir, asap pembakaran seafood yang membumbung tinggi & iklan menu seafood andalan dipasang didepan resto. Hal inilah yang membuat kami malas mencoba yang lain. Jadi apabila ingin makan ikan di daerah Kelapa Gading, hampir dipastikan kami akan makan di Sari Sandjaja masakan Palembang. Ternyata ketika liburan imlek kemarin, ternyata Sari Sandjaja tutup, sedangkan Pondok Pangandaran yang letaknya beberapa meter sebelumnya ramai oleh pengunjung. Jadilah kami mencoba makan disitu.
Memasuki restaurant yang terbuka menghadap parkiran mobil di lantai 1 & ber AC di lantai 2, kami memilih duduk agak ke belakang, disamping dapur tapi jauh dari asap pembakaran. Seafood yang ditawarkan disini adalah aneka ikan, kepiting, cumi, udang, kerang. Lalu ada juga sop tom yam, asparagus, tumis sayur, ayam & nasi goreng. Sedangkan pilihan kami adalah Ikan kerapu goreng bawang putih, kepiting soka goreng mentega & tumis brokoli.
Setelah lebih dari 15 menit kami menunggu, datanglah pesanan kami yang berpenampilan menggiurkan ini. Ikan kerapu nya berukuran besar, dagingnya disayat-sayat dulu lalu digoreng sehingga garing berwarna kuning kecoklatan. Lalu ditaburi cincangan bawangan putih yang banyaaak sekali. Wah wah keliatannya nikmat nih. Eh bener aja, ketika disuap dagingnya yang putih & empuk ini, rasanya gurih & wangi, berpadu dengan pahitnya rasa bawang putih, membuat nikmat ketika dimakan bersama nasi putih panas. Ditambah lagi kepiting soka goreng mentega nan empuk. Saus menteganya ini loh, merupakan perpaduan rasa gurih dari mentega dan bawang putih, rasa manis dari kecap serta rasa asam dari jeruk nipis, membuat saus ini rasanya tajam & segar, nyam nyam. Lalu tumis brokolinya juga yahud punya. Brokolinya hijau, segar & kriuk, berpadu dengan kuah tumis yang gurih rasa bawang putih. Merem melek deh. Makannya sampe keringetan nih.
Harganya juga wajar sih, Ikan kerapu Rp 43.900, Kepiting soka (2 ons saja) Rp 26.000, brokoli Rp 18.000, jadi total membayar adalah Rp 119.250. Wah boleh juga lain kali balik kesini dengan membawa keluarga.

No comments: