Saturday, February 27, 2010

D’Ocean Seafood (***)





Jl. Kapten Tendean no 122-124 Jakarta Selatan, Telp 021 7278 9777

Dari hobi menuliskan hasil wisata kuliner dan mengirimkan ke Detikfood, maka Alhamdulillah sering mendapat hadiah voucher makan gratis. Nah salah satunya, yang mau aku bahas adalah makan di D’Ocean Seafood. Restaurant seafood yang memiliki jargon “the best seafood in town” dan “premium seafood” ini membuat orang berpikir, pasti restaurant ini meyajikan masakan seafood berkualitas & mahal. Bila aku lewat resto ini, kelihatannya kurang begitu ramai. Mungkin juga karena letaknya disebuah ujung ruko dikawasan Jl. Kapten Tendean yang terkenal macet & susah putar balik. Akhirnya kesempatan makan disini datang juga, berkat Detikfood. Saya juga membawa serta keluarga saya & kami berenam makan malam sambil merayakan ultah Bapak disini.
Setelah melakukan reserved, kami mendapat tempat cukup privasi yaitu di lantai 2, ada ruang-ruang makan kecil dengan kapasitas 10 orang yang nyaman, cantik, dengan interior dominan kayu & kursi dengan senderan yang tinggi. Melihat buku menu dengan foto-foto yang menggiurkan, cukup membuat kami “lapar mata” menentukan pilihan. Akhirnya kami menjatuhkan pilihan kepada Gurame goreng asam manis, Hot plate organic kangkung Lombok bawang, Tahu telor merapi, Udang galah bakar honey saus & nasi goreng ikan teri. Minumannya ice mango & ice tea D’ocean.
Lumayan cepat juga pesanan kami datang. Hidangan ditata dengan cantik & tampak menggiurkan seperti tampak dalam gambar menu. Walaupun kami berenam hanya memesan 4 jenis lauk, tapi pastilah sangat-sangat cukup apabila melihat porsinya yang besar ini. Masakan gurame adalah gurame yang digoreng tepung dengan garing tapi empuk serta berwarna putih kekuningan disiram dengan saus asam manis yang berwarna merah & kental, rasanya, wow enak sekali, rasa sausnya manis tapi segar, sehingga ayahku ketagihan, asli. Masakan kangkung adalah tumis kangkung yang disajikan diatas hot plate, benar-benar segar, kriuk, pedas & nyamleng (terasa bumbunya), mantap. Masakan tahu telor nya, wah mantap nian, bentuknya benar-benar tinggi menggunung, diatasnya ditaburi irisan kol & dikelilingi sungai saus kecap manis. Bisa diwakili oleh 2 kata, manis tapi enak. Masakan udang galah adalah 5 ekor udang galah goreng yang berukuran besar & disajikan utuh, disiram saus madu sehingga agak menggenang dipiring tapi rasanya tidak manis, tapi ya enak.
Nasi goreng suamiku walaupun penampilannya biasa, rasanya tidak biasa alias enak juga. Buktinya dia semangat makannya. Tapi eh kok ada yang kurang ya. Teringat kami belum memesan sambal. Setelah mendapat saran dari pelayannya, kami pun memesan sambal kemangi yang ternyata berupa sambal cabe merah yang diulek bersama daun kemangi & disajikan diatas hot plate. Sambal ini cukup berminyak & rasanya sehah pedas asli, bukan main-main, tapi enak & wangiii. Semua lauk itu kami santap bersama nasi putih & merah yang hangat & pulen, cocok untuk mengobati rasa lapar kami akibat kemacetan gila dijalan.
Lalu ada 2 jenis minuman istimewa yang kami pesan yaitu ice tea D’ocean yaitu es teh dengan ramuan daun mint yang dingin-dingin segar, serta ice mango adalah sebotol (bukan gelas karena bentuknya kaya vas bunga gitu) jus mangga yang berisi potongan buah mangga & beberapa jenis buah lainnya yang dipotong kecil-kecil. Porsinya cukup besar sehingga bisa diminum berdua. Rasanya mantap rek, manis asam & segar membasuh rasa pedas yang tertinggal dimulut.
Semua rasa yang nyam nyam ini kami bayar sesuai dengan harganya. Harga gurame Rp 49.900, kangkung Rp 25.900, nasi goreng Rp 29.900, Tahu telor Rp 35.900. udang galah Rp 135.000, ice tea Rp 22.900 & Ice mango Rp 25.900 (btw bilangan 900 membawa hoki kali ya) sehingga total kami membayar Rp 242.481 setelah dikurangi voucher Rp 200.000. Walau cukup mahal dikantong tapi tidak pernah kami sesali karena kelezatannya.

No comments: