Tuesday, April 18, 2017

Kelezatan Japanese soft ice cream penuh taburan dalam kue ikan di Koiyaki (***)

Bila sedang mengunjungi PIK Avenue Mall di Jl. Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara - Penjaringan, dilantai 2 ada foodcourt bernama Dotonbori Food Town. Sebagian besar tenant adalah tenant masakan Jepang. Disana saya menemukan sebuah gerai Japanese soft ice cream bernama Koiyaki. Ice cream ini cukup unik karena ice cream ditempatkan didalam kue berbentuk ikan, sehingga diberi nama Koiyaki.



Menu yang tersedia di Koiyaki adalah taiyaki yaitu ice cream dalam kue ikan, cup parfait yaitu ice cream diberi topping dan ditempatkan di dalam wadah kertas kotak sehingga isinya lebih banyak serta sugar cone cream yaitu ice cream dalam cone, bisa 1 rasa atau campur. Ada 4 rasa ice cream tersedia disini yaitu chocolate, hokkaido milk yaitu Japanse milk warna putih, matcha green tea serta hojicha yaitu Japanese green tea yang dibakar / dipanggang, sehingga memiliki warna coklat pekat dengan rasa yang unik.


Saya perhatikan pengunjung yang membeli ice cream pilihannya sangat beragam, hampir semua item laku terjual. Pembelinya pun merata antara anak-anak dan dewasa. Saya sendiri memilih taiyaki mix rasa matcha green tea dan hojicha, seharganya Rp 33.000. Sedangkan harga cup parfait adalah Rp 38.000, taiyaki rasa hokkaido milk tanpa topping Rp 32.000, sugar cone cream 1 rasa Rp 18.000 tapi bila dicampur Rp 25.000, kemudian ada juga Yuzu jus dalam botol yaitu Japanese lemon jus seharga Rp 20.000.

Saya perhatikan bahwa cara membuat taiyaki adalah adonan tepung dituang kedalam cetakan bentuk ikan yang mulutnya menganga, kemudian diisi popcorn dibagian perut, lalu diberi ice cream diatasnya, melingkar berbentuk kerucut, diberi topping sebuah cookie, 2 batang pokky rasa matcha dan taburan pongashi atau rice puff.


Ketika ku ambil taiyaki ini, semilir wangi butter tercium lamat-lamat, membuat saya semakin penasaran. Tak sabar ku jilat ice creamnya, tekstur ice cream lembut sekali, rasanya manis sedang dengan semburat rasa pahit green tea tercecap halus di lidah. Rasa matcha green tea dan hojicha tidak begitu mencolok perbedaannya. Ketika ku makan cookie nya, rupanya ini yang menjadi sumber wangi butter, kue lidah kucing rasa butter yang enak. Ketika ice cream hampir habis, dibagian dasar terdapat popcorn serta kue ikan rasanya seperti waffle dengan tekstur yang lebih keras tapi lebih lembut dari pada cone biasa.


Secara keseluruhan taiyaki ini rasanya enak sekali, tapi sayang, selain di PIK Avenue, gerai ini baru ada di Lippomall Puri Kembangan dan Epicentrum mall Mataram – Lombok, belum ada di Jakarta Selatan, masih jauh dari rumah saya.

No comments: