Friday, November 16, 2012

Grand Swiss-Belhotel Medan *****



Pemandangan kota Medan dari lt 25
Check in

Swimming pool

Di Selasar Hotel
Rendez-vous lounge
Superior deluxe # 1109
Konter jus



Fasilitas Hotel
Penghargaan

Konter mi rebus
Buffet 4 sisi
Yogurt & Muesli
Sky dining di lt 27
My favorit breakfast, westen food



Secara tak terduga suami saya mengajak pergi ke kota Medan untuk mendampingi dia dalam sebuah acara kantor. Wah saya senang sekali, karena selain saya belum pernah kesana, saya juga juga penasaran dengan kota kelahiran suami saya yang “pujakesuma” alias “putra Jawa kelahiran Sumatera”, dan terkenal dengan wisata kulinernya yang enak dan enak sekali.

Suami saya memilih Grand Swiss Belhotel yang berbintang 5, dengan alasan letaknya yang strategis dipusat kota Medan, dekat dengan Bandara Polonia, berdampingan dengan Cambridge Mall, mudah mendapatkan kendaraan umum serta dekat dengan pusat kuliner kota Medan. Dengan kata lain akses mudah menuju tempat wisata belanja dan kuliner.

Memasuki lobi Hotel ini, kemewahan sudah terlihat dari lantai dan dinding Hotel yang terbuat dari granit berwarna krem. Lobi hotel memanjang kedalam menuju “Rendez-vous lounge” dengan pajangan koleksi wine didinding bar. Ditengah ruangan terdapat meja reception disisi kanan dan sofa untuk menunggu disisi kiri. Ruang tengah itu sendiri dihiasi dengan 3 pilar yang berukir dan bercahaya diempat sudut ruangan.

Kantor suami saya sudah memesan kamar sejak beberapa hari yang lalu dan sudah dilunasi. Kami pergi dari Jakarta dengan pesawat pk 8 pagi dan tiba di hotel untuk check in pada pk 11 siang. Kamar kami tentu belum siap, sehingga kami pun menitipkan koper dan melanjutkan acara jalan-jalan kami. Sayangnya sampai pk 14.30, janji pihak hotel untuk menelfon kami ketika kamar siap, tidak ada. Sehingga harus ditelfon lagi, harus dikonfirmasi lagi, lama deh. Baru pk 15 kamar kami siap dan kamipun segera menuju hotel.

Kami mendapat kamar superior deluxe # 1109 yang berada disudut bangunan hotel, sehingga memiliki 2 sisi pemandangan yaitu pemandangan kota Medan dan pemandangan condominium Cambridge yang letaknya memang berdampingan dengan hotel kami. Kamar kami memiliki desain yang minimalis dan modern tapi tetap terlihat bahwa hotel ini sudah cukup lama berdiri. Dinding kamar berwarna krem, dengan tirai coklat muda, furniture kayu coklat tua, karpet berwarna hijau bercorak. Kamar mandi memiliki lantai dan dinding terbuat dari granit hitam, dengan ruang shower dan bathub yang terpisah. Fasilitas kamar lengkap, dengan tambahan hairdryer yang kusuka. Sayangnya tidak ada setrika untuk baju.

Kelebihan lain dari hotel ini adalah memiliki restaurant yang menyajikan “Sky dining” yaitu sensasi bersantap dengan suasana pemandangan kota Medan dari lantai 27. Sayangnya kami tidak sempat kesana. Fasilitas lainnya adalah ada music lounge & bar, meeting room, swimming pool, spa & massage room, Ballroom, dan Swiss cafĂ© sebagai tempat sarapan kami besok pagi. Keunggulan terakhir adalah saya lihat ada certificate : “Winner certificate of excellent 2012” dimeja reception.

Tiba waktunya untuk breakfast, kami tiba pk 8 pagi, jam padat pengunjung. Kami menunggu cukup lama, bahkan ketika meminta bantuan waitres untuk mendapatkan tempat makan. Sambil menunggu saya mengambil kesempatan untuk mempelajari makanan buffet dan mengambil fotonya. Ruangan resto bergaya kontemporer dengan tempat duduk modern dengan konsep open kitchen. Pilihan menu sarapan sangat beragam dan mewah serta terlihat lezat. Dimulai dengan konter mi kuah baso, bubur ayam & soup, konter roti dan kue, serta konter jus yang menyajikan 5 jenis jus. Kemudian konter masakan telur, susu & sereal serta pancake jadi satu didalam open kichen. Ditengah ruangan terdapat konter buffet 4 sisi. Sisi pertama menyajikan masakan asia seperti nasi & mi goreng, tumisan sayur, kakap goreng tepung, yang merupakan favorit suami saya. Sisi kedua adalah menu favorit saya yaitu western breakfast seperti read bean, potatoes, sosis, tumis jamur dan sayuran. Sisi ketiga tersedia yogurt & bubur gandum, keju serta beef salami. Sisi kempat adalah aneka buah. Terakhir adalah konter aneka sayuran untuk salad serta sausnya. Semua makanan terbukti lezat kecuali sosisnya saya kurang suka karena keras, dan potongan keju yang tidak sesuai selera saya yaitu terasa pahit dilidah.

Secara keseluruhan hotel ini recommend walaupun saya rasa “Winner certificate of excellent 2012” nya kurang tepat. Sebab ada 3 kejadian yang kurang berkenan dihati kami. Tapi yang pasti hotel ini cocok bagi turis dengan tujuan berwisata berbelanja dan kuliner, karena letaknya yang strategis. Yang berminat menginap disini alamatnya adalah Jl. S. Parman 217 Medan 20152 Sumatera Utara. Telpon (62-61) 457 6999. Selamat berlibur.

No comments: