Sunday, September 04, 2011

Santai dulu ah di Taman Santap Rumah Kayu (*)






Sudah beberapa kali melintasi jalan di Paramount Gading Serpong terlihat sebuah papan billboard bertuliskan “Taman Santap Rumah Kayu” dengan tanda panah “belok disini”. Ah suami saya jadi teringat sebuah restaurant yang namanya persis sama di kota Lampung. Katanya restoran ini terkenal, makanannya enak, menunya seafood, harganya terjangkau serta tempatnya pun bagus. “Aku sudah 2 kali makan disana bersama teman-teman”, katanya berpromosi. Wah saya jadi tertarik mendengarnya. “Kapan-kapan kita coba yuk, siapa tau restaurant ini merupakan cabang Lampung”, ujarnya.
Jadi beberapa minggu yang lalu jadilah kami berbuka puasa disana. Kebetulan kami datang agak awal sekitar pk 5 sore, sehingga mendapat tempat parkir yang cukup dekat dengan pintu gerbang. Wah pintu gerbangnya besar sekali, yakni berupa tembok batu berbentuk setengah lingkaran yang panjang dan tinggi serta ditopang 4 pilar hijau. Didepan gerbang terdapat kolam air mancur berbentuk lingkaran dengan tanaman disekelilinginya. Sungguh segar dan asri.
Ketika kami masuk, ternyata didalam lebih asri lagi. Tempat ini memang sebuah taman yang luas & bersih. Dipaling depan terdapat taman pasir untuk tempat bermain anak-anak yang dilengkapi dengan perosotan dan ayunan. Taman dibuat berkelok kelok dengan tanaman yang indah dan rimbun disana sini. Tempat makannya berupa saung-saung terbuka dengan atap genteng, ada yang kecil ada juga yang luas. Adapula tempat makan yang bertingkat 2 dan ber AC, serta meja meja bulat beratapkan payung untuk kapasitas berdua disetiap belokan taman. Walaupun tempatnya besar & luas ternyata banyak meja yang sudah diberi tanda “reserved”, sehingga kami berdua pun mendapat tempat dimeja bulat berpayung dipaling depan dekat taman bermain anak-anak.
Pelayan disini banyak dan ramah. Penasaran kami pun bertanya perihal restaurant dengan nama serupa di Lampung. Ternyata memang benar, resto ini merupakan cabang Lampung. Dari buku menu yang kami baca dapat disimpulkan bahwa menu yang tersedia disini terbagi menjadi 3 jenis yaitu masakan kuring khas sunda, Chinese food serta masakan khas Bangka dengan bahan baku utamanya seafood. Karena kami hanya berdua, maka kami hanya memesan gurame bakar rumah kayu, gado gado serta sup jagung kepiting.
Sambil menunggu pesanan datang, bergantian kami berjalan-jalan mengamati keadaan sekitar. Ternyata tempat ini sungguh luas, mungkin sekitar 1 hektar. Disetiap belokan ada tempat sampah besar dan wastafel. Tersedia juga toilet & mushola yang bersih dibagian belakang. Kalau perlu sesuatu, banyak pelayan yang berdiri disetiap tikungan. Lamat lamat terdengar suara kehebohan para koki yang sedang memasak dari bangunan yang terletak dipaling depan, guna meyiapkan masakan yang serempak dipesan untuk berbuka puasa. Alhamdulillah makanan kami cepat datangnya, sebelum azan Magrib, pesanan sudah tersaji semua dimeja. Disediakan juga tajil berupa es buah secara cuma cuma.
Makanan yang kami santap ini enak walaupun tidak istimewa. Yang pasti makan disini suasananya enak dan menyenangkan, sehingga kami memutuskan akan kembali lagi dengan membawa rombongan keluarga dilain waktu. Mengenai harganya lumayan terjangkaulah. Yang termahal adalah guramenya Rp 49.000 lalu sup jagung kepiting Rp 20.000 sama harganya dengan es alpukat kerok, sedangkan gado gado Rp 10.000 serta jus semangka Rp 12.000.
Yang ingin mencoba berekreasi sambil makan disini alamatnya adalah jl Ki Hajar Dewantara SKL 002 Summarecon Gading Serpong, dekat sekolah Pahoa. Telpon  021 5421 2010 – 15. Nah selamat bersantai.

No comments: